SukaSuka

Inspirasi Rumah Modern 2 Kamar Tidur dan 1 Kamar Mandi di Lahan 60 Meter Persegi, Tiap Ruangan Luas

Inspirasi kali ini datang bagi kamu yang ingin memiliki rumah pertama di lahan minim atau lebih tepatnya di bawah 100 meter persegi, entah membangun sendiri atau membeli rumah dengan sistem KPR kepada developer.

Umumnya rumah dengan lahan minim yang banyak ditemui punya lahan seluas 60 meter persegi, terutama rumah yang dijual oleh developer di perumahan-perumahan tertentu, rumah dengan luas 60 meter persegi biasanya jadi tipe minimal yang paling banyak diminati dan ketersediaannya diadakan dalam jumlah yang lebih banyak dibanding rumah dengan luas tanah di atasnya.

Kali ini ada rumah bergaya modern minimalis di atas lahan 60 meter persegi yang dijamin bakal menginspirasi, dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, setiap ruangan yang dimiliki dari rumah ini bisa dibilang cukup luas dan tepat bagi keluarga kecil yang ingin memiliki rumah pertama.

Seperti apa desain rumah minimalis nan modern tapi masing-masing ruangnya tetap punya luas yang cukup dan anti sempit? Langsung aja yuk cek bocoran gambarnya.

1. Fasad depan

fasad depan 1

Bagian satu ini tentu yang paling penting dan gak boleh terlewat, kalau dilihat dari tampilannya, rumah ini mengusung konsep elegan nan maskulin dengan pemilihan warna abu-abu dan sedikit aksen kayu cokelat di bagian dinding tertentu dan lantai teras. Selain itu disertakan juga polesan beberapa garis hitam dan putih di bagian-bagian tertentu seperti kusen jendela dan pagar teras, dilihat dari depan aja tampilannya udah mencuri perhatian ya?

2. Detail teras

tampilan teras detail teras

Ternyata, kalau dilihat lebih dekat, teras yang terlihat punya bagian pagar ini sekaligus disertakan juga bangku dari kayu di sepanjang sisinya, untuk informasi tambahan, karena lahannya yang minim, di bagian dalam nantinya memang hanya ada 1 ruang serbaguna yang bisa digunakan sebagai ruang keluarga sekaligus ruang tamu.

Karena itu, teras yang sudah disertai kursi kayu ini juga bisa lho difungsikan sebagai sudut untuk menerima tamu kalau ingin lebih bebas. Kalau dilihat dari tampilannya, teras yang sudah berlantai serta berplafon vinyl ini pasti cukup membuat tamu merasa nyaman, apalagi kalau ditambahkan dekorasi seperti meja kecil untuk menghidangkan jamuan atau beberapa dekorasi tanaman buat memberi kesan sejuk.

3. Tampilan belakang rumah

halaman belakang 1

Siapa bilang kalau rumah minimalis 60 meter gak bisa punya sisa ruang di belakang rumah yang agak luas dan terbuka? Bisa kok! Gambar rumah ini contohnya, bahkan untuk bagian belakang yang dijadikan dapur tetap bisa dibuat pintu alternatif kedua yang sebelumnya banyak dijadikan pilihan.

Tak cuma itu, ada lumayan banyak juga sisa lahan yang bisa dijadikan sebagai area mencuci dan menjemur pakaian.

4. Tampilan samping kiri

tampilan samping kiri 1

Masih ragu kalau rumah ini dibangun di atas tanah seluas 60 meter persegi? Coba intip tampilan sampingnya dari gambar di atas deh, dari gambar ini bisa terlihat, kalau kita temui rumah di perumahan umumnya pada bagian lebar dijadikan sebagai fasad depan dan panjang dijadikan sisi yang diperluas ke belakang.

Bangunan rumah ini justru kebalikannya, sisi panjang dijadikan fasad depan dan bagian lebar dijadikan sisi samping dari rumah, bisa dilihat kalau tiap sisinya dimanfaatkan secara maksimal buat menjadi ventilasi dari masing-masing ruangan di dalam rumah, terus gimana tampilan dalam dari masing-masing ruangannya? Intip terus bocoran gambar selanjutnya.

5. Akses masuk dan ruang utama

ruang tamu pintu masuk dari dalam akses masuk dan kamar utama akses kamar kamar mandi dan dapur

Ini dia bagian dalam rumahnya, seperti yang udah disebutkan sebelumnya, karena lahan terbatas 60 meter maka memang cuma ada satu ruangan serbaguna yang bisa dijadikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Sebagai alternatif kamu bisa kok menyambut tamu di teras depan yang sudah dibuat senyaman mungkin, kalau pun ingin menjamu di bagian dalam rumah juga tidak ada salahnya karena ruangan ini cukup luas.

Dari beberapa gambar akses masuk ini pula bisa terlihat tata letak 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan akses menuju dapur, 2 kamar tidur ada di posisi berjauhan dari masing-masing sisi rumah.

Akses untuk menuju kamar mandi dan dapur yang bersebelahan berada dekat dengan 1 kamar tidur. Dari gambar ini bisa terbayang kan, kalau selama ini rumah dengan luas 60 meter yang sering kita jumpai di perumahan biasanya minim ventilasi karena berdempetan dengan rumah sebelahnya, tapi dengan denah rumah satu ini, setiap ruangannya justru punya ventilasi yang lebih dari cukup, jadi tidak akan pengap dan tetap sejuk.

6. Kamar Tidur

kamatr tidur

Salah satu ruangan kamar tidur yang ada, seperti yang udah disebutkan sebelumnya, karena posisi setiap ruangan yang terpisah di setiap sisi bangunan, maka dijamin setiap ruangan akan punya ventilasi atau jendelanya masing-masing.

7. Dapur

dapur 1

Hal yang sama layaknya bagian lain, ruangan dan ventilasi yang cukup juga bisa didapatkan di bagian dapur, malah kalau dilihat dari bagian belakang rumah di gambar sebelumnya, terlihat ada akses pintu ke halaman belakang, dari dapur ini lah akses pintu tersebut berada, sirkulasi udara saat memasak dijamin aman sehingga gak diperlukan lagi cooker hood.

8. Kamar Mandi

kamar mandi dari dalam kamar mandi saat masuk

Kamar mandinya pun tak kalah luas, walau hanya terdapat satu kamar mandi, tapi dengan luas ruangan yang sebesar ini akan lebih dari cukup, bahkan bagian kamar mandi ini juga punya ventilasinya sendiri yang kalau kita lihat dari gambar-gambar tampak luar tadi ada di bagian samping kiri dari rumah.

Itu dia deretan gambar dari rumah dengan luas lahan 60 meter persegi. Setelah ini barangkali akan muncul pertanyaan, mungkin mudah buat mewujudkan referensi rumah satu ini bagi mereka yang membangun rumah di lahan atau tanah milik sendiri, tapi bagaimana kalau rumah yang ingin dimiliki bentuknya membeli langsung dari developer di perumahan pada umumnya?

Jangan salah, coba konsultasikan aja karena biasanya ada beberapa developer yang punya kebijakan buat memberikan calon pembeli rumah kesempatan merancang denahnya sendiri, asal luas tanah yang dipakai tetap sesuai dengan tipe yang dipilih, lalu tinggal diskusikan bangunannya dengan kontraktor yang dipilih oleh developer, atau kalau kamu punya dana lebih, beberapa denah bangunan yang detailnya di luar tipe bangunan juga bisa banget lho di-request, pintar-pintar aja memilih developer ya!

Loading…

0

Pendapat Anda?