CakepCakep SukaSuka CantikCantik

Inspirasi Rumah Modern Minimalis dengan 3 Kamar Tidur dan 1 Kamar Mandi, Luas 80 Meter Persegi

Absen dulu yuk bagi kamu yang mungkin di tahun ini punya rezeki dan kesempatan buat membangun rumah, terutama membangun rumah di lahan minimalis alias tidak terlalu besar, contohnya di luas tanah kurang dari 100 meter persegi.

Gak bisa dipungkiri, sekarang ini masih ada segelintir orang yang bingung karena beranggapan membangun rumah di tanah dengan luas di bawah 100 meter persegi akan menjadi hal sulit, karena keterbatasan lahan sehingga berfikir kalau ruangan yang dibuat nantinya akan menjadi serba terbatas.

Kesampingkan jauh-jauh pemikiran seperti itu ya, karena faktanya dengan lahan minim sekalipun kita tetap bisa membangun rumah yang sesuai dengan keinginan, asal tepat membagi denah dan desain dari rumah yang akan kita miliki nantinya.

Dan lagi, tak perlu takut kalau dengan lahan terbatas, tampilan interior yang akan didapat nantinya akan kurang memuaskan. Kembali lagi, kalau kamu pintar mendesain dan memilih material yang akan dipakai dari setiap sudut rumah, dijamin rumah impian di lahan yang minim sekalipun gak akan sulit buat didapat.

Karena itu, kali ini ada inspirasi bagi kalian yang mungkin butuh referensi hunian rumah seperti apa yang tepat dan bisa diterapkan untuk dibangun di atas lahan kurang dari 100 meter, atau kalau dari contoh kali ini bangunan yang dibuat di atas tanah seluas 80 meter persegi, langsung intip contohnya yuk!

1. Fasad depan rumah

fasad depan sisi kanan

Tentunya mulai dari hal paling utama, tampilan depan rumah yang akan jadi sumber perhatian bagi siapa pun yang berkunjung nantinya. Dari contoh rumah ini, kamu bisa mencontek bagian teras depan yang disertai ambalan panjang dan tebal yang dimanfaatkan sebagai tempat duduk, atau sebagai bayangan lain, nantinya bagian ini juga bisa lho digunakan untuk menyimpan susunan tanaman bagi kamu yang hobi memelihara tanaman.

2. Variasi dinding

fasad depan sisi kiri

Supaya tidak monoton, dinding di bagian depan rumah pun dibuat lebih bervariasi, salah satunya pola garis dengan penggunaan warna cat berbeda di bagian tertentu, kalau bingung memilih warna, kamu bisa bermain aman dengan menggunakan warna netral senada supaya hasil tampilannya tetap menarik dan tidak terlalu mencolok.

3. Samping kanan dan pintu belakang

tampilan samping kanan

Hal yang sama soal variasi dinding luar rumah nyatanya bisa juga diterapkan di sisi lain bangunan, yang membuat semakin menarik, pilihan buat menghadirkan pintu belakang ternyata masih banyak digemari. Selain sebagai pintu alternatif bagi penghuni rumah di beberapa kondisi tertentu, pintu ini umumnya berada di area khusus seperti dapur, kehadiran pintu ini pun pasti akan banyak berguna.

4. Tampak samping taman

tampilan samping kiri

Kalau kamu punya sedikit lahan sisa di bagian sisi rumah, jangan sampai disia-siakan ya, tentunya harus manfaatkan bagian ini untuk semakin mempercantik lingkungan di sekitar rumah, sertakan beberapa tumbuhan dan pepohonan yang bisa memberikan kesan sejuk dan dijamin bakal terlihat pas saat dipadupadankan dengan tampilan rumah netral nan cerah.

5. Tampilan rumah di malam hari

fasad depan di malam hari

Dengan pemilihan warna yang tepat, nyatanya gak cuma terlihat mengagumkan di siang hari aja, di malam hari rumah kamu pun punya tampilan yang gak kalah menawan, bahkan terlihat elegan dengan beberapa penempatan lampu penerang di beberapa titik yang tepat, jangan lupa juga dekorasi beberapa tanaman pelengkap yang akan membuat tampilan rumahmu jadi semakin mencuri perhatian. Punya rumah semenarik ini, siapa yang gak mau?

6. Ruang tamu sekaligus keluarga

ruang tamu 1

Sekarang kita masuk ke bagian dalam rumah, berhubung lahan yang dimiliki rumah ini memang ada di luas 80 meter, jangan heran kalau ruang tamu dan keluarga dijadikan sebagai satu ruang yang lowong, tapi bukan berarti gak bisa berkreasi ya. Dalam dekorasinya nanti kamu bisa menggunakan partisi yang menarik perhatian seperti yang udah sering Temonggo rekomendasikan sebelumnya.

7. Posisi kamar tidur dan kamar mandi

tampilan dapur dan ruang utama

Dari sudut gambar satu ini, kita bisa lihat di mana tepatnya posisi 3 kamar tidur dan kamar mandi berada, dua kamar tidur yang bersebelahan, kemudian tepat di hadapannya ada 1 ruangan kamar tidur lagi, sedangkan untuk kamar mandi berada tepat di antara kedua kamar tidur.

Denah ini bisa dibilang tepat karena posisinya jadi mudah dijangkau baik oleh pemilik rumah dari kamar tidur atau tamu yang nantinya berkunjung, karena posisinya dekat dengan ruang tamu dan pintu masuk utama.

8. Contoh kamar tidur

contoh kamar

Dengan luas tanah 80 meter, bakal sebesar apa kamar tidur yang dimiliki kalau ada 3 kamar? Tak perlu khawatir, dari salah satu contoh kamar tidur ini bisa dilihat kalau kasur bertipe queen bed pun masih bisa ditempatkan dengan mudah.

Mungkin kamar tidur lainnya yang berukuran lebih kecil bisa digunakan sebagai kamar anak yang masih menggunakan kasur single dan belum memiliki banyak barang, yang terpenting jangan lupa untuk pintar-pintar mendekorasi dan memilih perabot agar kamar tetap terlihat luas ya.

9. Dapur dan pintu keluar

detail dapur

Bagi kamu yang mungkin bertanya-tanya, kemana akses dari pintu kedua yang terlihat dari fasad samping tadi? Ini dia jawabannya, seperti yang bisa diduga, area dapur yang sudah pasti punya bagian khusus.

Pintu kedua ini memang ada di bagian rumah yang tepat, bisa diakses dekat dari ruang keluarga atau dapur, kalau kita teliti lebih detail lagi, keberadaan pintu dan jendela pada dapur ini benar-benar bisa memperlancar sirkulasi udara di rumah ini, terutama saat kegiatan memasak. Dijamin gak akan ada kesan pengap atau aroma masakan yang terperangkap dalam rumah dengan ventilasi yang tepat seperti ini.

10. Kamar mandi

toilet 1

Bagaimana tampilan kamar mandi di rumah minimalis dengan luas tanah 80 meter? Gak perlu khawatir kurang luas atau terbatas, dari gambar di atas kita bisa lihat kalau kamar mandi ini jelas punya ukuran yang luas dan memanjang, bahkan dengan bagian khusus tersendiri untuk masing-masing keperluan, semisal sekedar mencuci muka, toilet, lalu bagian paling penting untuk membersihkan diri.

Apalagi dengan desain penggunaan dinding dan keramik yang tepat, walau hanya ada 1 kamar mandi di rumah kamu nantinya, tapi dijamin keberadaannya akan lebih dari cukup.

Itu dia detail dari inpirasi rumah dengan luas tanah 80 meter yang bisa dijadikan referensi, punya rumah mewah nan modern dengan luas tanah minim bukan lagi penghalang, kembali lagi ke pilihan kita dalam pintar-pintar membuat denah rumah yang diinginkan.

Kalau dari contoh rumah kali ini, bagian ruang mana nih yang paling menginspirasi buat membangun rumah kalian nantinya?

Loading…

0

Pendapat Anda?