16 Gambar Desain Kandang Ayam Minimalis Model Umbaran

Ada banyak model kandang ayam yang bisa Anda buat, dan yang paling sehat untuk ayam adalah kandang minimalis model umbaran. Ayam bebas berlarian di atas tanah dan bisa leluasa bergerak.

Setiap orang punya hobi untuk mengisi waktu luang sekaligus dapat menghasilkan dari apa yang disenanginya. Meskipun, hanya sekedar hobi, tentunya tidak salah apabila Anda menjadikan hobi sebagai penghasilan sampingan maupun utama bukan?

Beberapa hobi yang dapat menghasilkan seperti beternak, bercocok tanam di kebun dan lain sebagainya bisa dikerjakan untuk mengisi waktu luang di rumah.

Bagi Anda yang ingin beternak ayam, maka sebaiknya Anda sudah menyiapkan kandang ayam sederhana sebagai tempat berlindung.

Berikut beberapa inspirasi gambar kandang ayam minimalis dengan berbagai model dan desain yang beragam, bisa menjadi referensi kandang ayam Anda.

1. Kandang dari bambu di bawah pohon

kandang ayam di bawah pohon

Berlindung di bawah pohon membuat ayam menjadi aman, nyaman dan terlindung dari sinar matahari. Kandang model rumah seperti ini bisa menjadi referensi untuk kandang dari bambu. Penggunaan kayu bambu dengan atap dari plastik tidak membuat kantung Anda jebol. Pemakaian bahan ini terbilang murah dan tahan lama.

2. Kandang ayam umbaran dari besi

kandang ayam dari kawat

Kandang untuk ayam potong biasanya sangat dianjurkan memiliki area luas dan udara luar dapat masuk dengan bebas melalui jaring-jaring kawat. Pemilihan kandang seperti ini membuat jangkauan ayam lebih luas dan tidak membuatnya stress. Selain itu, perlindungan rumah seperti ini membuatnya terlindungi dari perubahan cuaca.

3. Kandang ayam petelur sederhana dari kayu dan kawat

kandang ayam dari kayu

Kandang dengan bentuk trapesium juga unik dan nyaman untuk si ayam berlindung. Selain itu, kandang yang menghadap sinar matahari dapat membuat ayam bisa berjemur sekaligus kandang panggung kecil di dalamnya membantu si ayam untuk berlindung dari cuaca yang tidak menentu.

4. Kandang ayam bangkok umbaran

kandang ayam bangkok umbaran

kandang dengan bentuk rumah memanjang bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin beternak dalam skala besar. Selain itu, pemakaian kandang berbentuk tudung setengah silinder terbuat dari bahan bambu bisa menjadi alternatif untuk menjaga ayam agar tidak kabur.

5. Kandang ayam berbentuk postal

kandang ayam postal

Kandang berbentuk postatal (area luas) seperti ini bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang ingin menjadikan hobi sebagai salah satu sumber penghasilan. Tempatnya, berada di dekat pepohonan rindang. Tentunya, kandang seperti ini membuat si ayam tetap aman.

6. Kandang ayam dari bata ringan

kandang ayam dari bata ringan

Kandang yang dibuat dari bata ringan dengan atap dari galvalum membuat si ayam merasa hangat dan nyaman. Selain melindungi ayam-ayam yang ada di bawahnya, atap seperti ini dapat membuat udara di bawahnya lebih hangat.

7. Kandang ayam minimalis

kandang ayam minimalis

Anda dapat membangun kandang ayam seperti gambar di atas pada lahan yang luas. Selain itu, penggunaan tudung dari bahan bambu maupun plastik bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk menjemur ayam jago dari kandang.

8. Kandang dari seng dan bambu

kandang ayam dari seng

Pemakaian aluminium atau seng, bambu dan atap plastik putih tebal. Tentunya, kandang seperti ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk membuat kandang ayam secara efektif. Anda dapat membuatnya berkotak-kotak seperti gambar ini.

9. Kandang ayam kampung minimalis

kandang ayam kampung minimalis

Kandang umbaran di bawah pohon rindang seperti ini sangat cocok untuk beternak dalam skala sedang maupun besar. pemilihan warna hitam pada kandang membuat kandang terkesan minimalis.

10. Kandang ayam dari galvalum

kandang ayam dari galvalum

Kandang dengan dinding dibuat dari Galvalum dapat melindungi ayam dar pengaruh buruk di luar seperti udara dan cuaca tdak menentu. Anda dapat menempatkan jaring-jaring kawat besi pada pintu maupun dinding partisi antara ruang satu dengan lainnya.

11. Kandang ayam dari jaring

kandang ayam jaring kawat hijau

Kandang model ini bisa menjadi referensi Anda untuk membuat kandang dalam ukuran sedang hingga besar. penggunaan bata dan seng sebagai atap pelindung, tentunya membuat ayam merasa nyaman dan aman. Anda dapat menggunakan jaring berwarna seperti ini.

12. Kandan ayam mewah

kandang ayam mewah

Pemilihan kandang dengan mayoritas dinding berupa jaring kawat dapat mensuplai udara lebih banyak masuk. Apalagi, Anda menempatkannya di lokasi yang rimbun dan nyaman seperti ini. Hal ini dapat membuat ayam Anda tidak merasa stress.

13. Kandang ayam petarung

kandang ayam petarung

Anda juga dapat menjadikan gambar kandang ayam ini sebagai referensi. Kandang seperti ini dapat membantu Anda mengamati ayam secara personal dengan urutan angka. Biasanya, penggunaan kandang seperti ini untuk ayam petarung atau jaog. Agar lebih rapi dan makanan tidak tercecer, Anda dapat menempatkan potongan paralon berisi makanan dan air.

14. Kandang ayam sederhana

kandang ayam sederhana

Kandang ayam seperti ini memang terkesan minimalis dan berukuran lebih kecil dan fleksibel. Anda dapat menempatkannya di halaman rumah di bagina samping. Tentunya, Anda dapat dengan mudah menjangkau kandang saat ingin menikmati hobi beternak.

15. Kandang dalam ruangan

kandang ayam dalam ruangan

Desain Kandang dengan ruangan tertutup namun udara mudah masuk bebas ini bisa menjadi referensi Anda. Pemakaian Kandang ini dapat Anda pilih untuk beternak unggas dalam skala besar. Tentunya, Anda membutuhkan kandang berbetuk tudung dari bahan bambu untuk membantu ayam berjemur.

16. Kandang ayam petelur sederhana

kandang ayam dari kayu dan kawat

Kandang ini bisa menjadi alternatif dengan desain lebih kekinian dan simpel Anda dapat merawat ayam di area luas seperti lapangan dengan pepohonan rindang. Hal ini membuat ayam tidak mudah mengalami stress.

Keren kan? Silahkan pilih yang cocok untuk dibangun di lahan Anda, pilih desain yang sederhana atau yang mewah? sesuaikan luas kandang dengan populasi ayam yang akan Anda pelihara secara umbaran.

Loading…

0

Pendapat Anda?