10 Kebiasaan Orang-orang Sukses dalam Kehidupan Sehari-hari

kopi pagi

Meraih kesuksesan finansial tidaklah mudah, butuh waktu bertahun-tahun dan beberapa keputusan cerdas secara profesional. Namun ada beberapa kebiasaan yang bisa Anda pelajari dari gaya hidup orang-orang sukses.

Setiap orang yang sukses biasanya mempunyai resep dan gaya hidup tersendiri. Tapi ada beberapa kebiasaan jutawan yang gaya hidup kesehariannya bisa Anda tiru. Anda bisa mererapkan kebiasaan mereka ke dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Kebiasaan orang-orang sukses

Tom Corley, seorang akuntan dan perencana keuangan, mensurvei 233 orang kaya. Survei ini menanyakan tentang apa yang dilakukan oleh para jutawan tersebut dalam kehidupan harian mereka. Dia membandingkan jawaban dari para miliarder tersebut dengan jawaban dari 128 orang yang berpenghasilan menengah ke bawah.

Dalam buku karangannya yang sangat laris ” Change Your Habits, Change Your Life ,” Corley menjelaskan bahwa orang kaya mempersiapkan diri mereka untuk sukses dengan beberapa cara tertentu. Berikut adalah beberapa kesamaan kebiasaan orang-orang sukses tersebut:

1. Mereka biasanya bangun lebih pagi

jam pagi

Hampir 50 persen jutawan dalam penelitian Corley bangun tidur setidaknya tiga jam sebelum hari kerja mereka benar-benar dimulai. Banyak dari mereka menggunakan waktu luang untuk sekedar menenangkan diri atau menggunakan waktu tersebut untuk berolahraga.

Anda tahu siapa tokoh nomer 1 yang paling berbengaruh di dunia? ya, Nabi Muhammad saw. Tahu bangunnya jam berapa? Jika Anda seorang muslim, berarti Anda harus meniru dan menjadikan kebiasan ini sebagai kebiasaan harian Anda.

2. Banyak membaca

membaca

88 persen dari responden orang-orang kaya Corley mengatakan bahwa mereka menggunakan waktu sekitar 30 menit atau lebih setiap hari untuk meningkatkan pengetahuan dengan cara membaca.

Kebanyakan tidak membaca untuk hiburan; mereka lebih menyukai biografi, sejarah, dan buku pengembangan diri. Investor legendaris dan miliarder Warren Buffett mengatakan bahwa membaca telah menjadi kebiasaan paling penting yang dia kembangkan.

Jika Anda orang Islam, Anda pasti tahu ayat apa yang pertama kali turun? ya, tentantang perintah untuk membaca. Jadikan membaca sebagai kebiasaan rutin bagi anda setiap hari. Jika Anda kesulitan dalam menemukan sebuah buku bacaan yang cocok, tinggal kunjungi saja Bang Mimin. Ada banyak artikel bagus yang bisa jadi bahan referensi untuk mengembangkan pengetahuan Anda.

3. Mereka menghabiskan waktu 15 sampai 30 menit setiap hari untuk menenangkan pikiran

meditasi

Banyak jutawan yang diwawancarai Corley mengatakan mereka menyediakan waktu untuk merenungi semua yang terjadi dalam hidup mereka.

“Orang kaya biasa menyendiri untuk menenangkan pikiran di pagi hari,” tulisnya, “paling tidak mereka merenung selama 15 menit setiap hari.”

Seringkali mereka akan merenungkan karir mereka, kesehatan mereka dan hubungan pribadi mereka. Memiliki waktu tenang untuk menganalisis pikiran Anda bisa mengurangi tingkat stres.

Di Islam ada ajaran tentang sholat dhuha, waktu yang sangat cocok untuk bermuhasabah dan mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa di pagi hari yang masih fresh.

4. Mereka terbiasa olahraga secara rutin

bike to work

Berolahraga secara teratur dapat menjernihkan pikiran Anda dan membuat Anda merasa lebih termotivasi. Menurut Corley, 76 persen dari responden surveynya menyisihkan waktu 30 menit atau lebih untuk olahraga seperti jogging, bersepeda atau berjalan kaki setiap hari.

Banyak para pebisnis sukses yang merutinkan berolahraga. Miliarder Richard Branson, misalnya, mengatakan bahwa ketika dia rutin bangun jam 5 pagi untuk bermain tenis atau bersepeda, produktivitas hariannya akan meningkat dua kali lipat.

5. Orang-orang yang sukses senang berkumpul dengan orang yang menginspirasinya

berkumpul

“Anda akan sesukses orang yang sering bergaul dengan Anda,” kata Corley.

Anda dapat bergabung dengan grup orang-orang yang memiliki karier atau minat pribadi yang sama. Kemudian kembangkan hubungan dengan tetap menjalin hubungan dengan baik.

Pilihlah dengan siapa Anda menghabiskan waktu. Orang-orang sukses juga biasanya membatasi pergaulan, terutama untuk orang-orang yang berperangai buruk.

Dalam Islam ada ajaran berkumpul dengan orang-orang sholeh, karena ini akan meningkatkan energi positif pada diri Anda dan akan memberikan semangat pada kehidupan Anda.

6. Mereka mempunyai usaha sendiri

bisnis online

Kebanyakan jutawan memiliki usaha sendiri, merencakan dari kecil dan kemudian mewujudkannya. Delapan puluh persen orang kaya terobsesi untuk mengejar mimpi mereka. Mereka mengacu pada tujuan harian dan jangka panjang secara teratur.

Jangan letakkan tangga Anda di dinding orang lain, kemudian menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memanjatnya. Temukan tembok Anda sendiri, impian Anda sendiri, dan tujuan Anda sendiri, dan kejarlah tujuan tersebut.

7. Tidur lebih awal

tidur

Jika Anda ingin bangun pagi-pagi, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah tidur lebih awal. Coba pelajari jam berapa rasulullah tidur, dan kapan bangunnya. Anda akan menemukan keajaiban dengan belajar langsung dari suri tauladan terbaik di dunia.

Jangan lupa muhasabah sebelum tidur. Apa saja yang sudah Anda kerjakan hari ini, apakah hal-hal yang bermanfaat atau hal-hal yang penuh kesia-siaan.

8. Membangun beberapa usaha

peluang usaha

Seorang jutawan tidak bergantung pada satu sumber pendapatan tunggal, mereka mengembangkan banyak usaha, sehingga pendapatannya bukan hanya dari satu usaha saja.

Jadi berapa usaha yang dimiliki untuk menjadi sumber pendapatan yang mereka? “Enam puluh lima persen memiliki setidaknya tiga sumber usaha sebagai pendapatan mereka,” kata Corley. Karena ketika pendapatan satu usaha sedang turun, mereka masih dapat dari usaha yang lainnya.

9. Mereka menghindari buang-buang waktu

smart watch

Uang bukanlah sebagai satu-satunya hal yang terpenting bagi orang kaya. Menurut mereka, waktu juga sama pentingnya.

Pilihlah kegiatan yang bermanfaat daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton TV atau menscroll Instagram.

Nabi Muhammad saw bersabda:

“Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Jadi, jangan terlalu banyak membuang waktu, manfaatkan waktu sebaik mungkin jika Anda ingin menjadi orang yang sukses.

10. Tidak boros

dompet

Orang sukses bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Ujian pertama bagi orang kaya baru adalah beli hal-hal yang tidak penting. Kenapa Bang Mimin sebut orang kaya baru? karena sebelumnya dia tidak pernah pegang uang banyak dan tiba-tiba dapat uang.

Ketika punya uang banyak, penyakit yang paling diwaspadai adalah pemborosan. Jadi Anda harus bisa memilah mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan.

10 kebiasaan diatas tidak menjamin Anda menjadi sukses, tapi jika Anda mererapkan pada kehidupan sehari-hari, kehidupan Anda pasti ada perubahan. Sukses atau tidaknya diri Anda, itu tidak ditentukan oleh apa yang orang lain lakukan, tetapi semua itu ditentukan oleh diri Anda sendiri.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0