SukaSuka

13 Contoh Kerajinan dari Kardus Untuk Mainan Anak-anak

Anda punya kardus tak terpakai di gudang? Daripada menjadikannya onggokan sampah, lebih baik kita bikin kerajinan dan menyulapnya jadi mainan untuk si kecil. Mainan ini bisa bermacam-macam, tergantung apa kesukaan si anak.

Selain menghemat pengeluaran, membuat mainan bareng anak-anak akan menciptakan quality time yang penuh nilai dan pembelajaran. Cara membuat kerajinan dari kardus inipun cukup mudah, tidak memerlukan banyak peralatan.

Contoh mainan anak-anak dari kardus

kerajinan dari kardus untuk mainan

Nah, di bawah ini adalah beberapa inspirasi kerajinan dari kardus untuk mainan anak yang kami sediakan khusus untuk Anda. Chek it out.

1. Mesin cuci dari kardus bekas

mesin cuci dari kardus

Bermain peran dengan anak adalah hal yang bermanfaat. Hal ini mampu mengembangkan kreativitas dan kepercayaan diri. Permainan akan lebih menyenangkan jika terdapat alat yang memicu imajinasi. Contohnya kardus yang dibuat menjadi replika mesin cuci berikut ini. Buat detail-detail, seperti spin speed dan laci deterjennya. Tinggal masukkan deh pakaian kotornya.

2. Pelosotan plus panjatan dari kardus bekas

plosotan dari kardus

Walau hanya di rumah, keaktifan anak perlu selalu dirangsang. Salah satunya adalah dengan membuat taman bermain di rumah. Tapi bagaimana caranya? Coba deh kresikan kardus menjadi area panjat sekaligus perosotan seperti di gambar. Tentu saja kita memerlukan area landai sehingga tangga rumah lumayan efektif.

3. Membuat tempat main mobil-mobilan

tempat mobil mobilan dari kardus

Membangun miniatur kota dari kardus? Yups, efisien. Anda bisa membuat desain sesuai yang Anda mau. Tinggal buat kotak terbuka dan beri desain jalanan, rel kereta, atau lain sebagainya di dasar kardus. Lalu letakkan mobil mainan serta balok-balok ke dalamnya. Nah, karena ukurannya besar, si kecil bisa langsung masuk ke dalam untuk main. Kerajinan dari kardus seperti ini cocoknya untuk anak laki-laki yang suka main mobil-mobilan.

4. Peralatan kebersihan dari kardus bekas

alat kebersihan dari kardus

Adakah yang lebih imut selain miniatur sapu, pel, dan alat kebersihan lainnya? Ya pasti ada, tapi yang ini tak kalah membabi buta. Si kecil mungkin akan suka. Ini bisa membantunya melatih daya kreativitasnya di mana ia menjalankan skenario seorang yang sedang bersih-bersih rumah menggunakan miniatur tersebut. Kerajinan dari kardus ini cocoknya untuk anak perempuan yang suka bersih-bersih rumah.

5. Kota mini versi 2 dari kardus bekas

mainan dari kardus untuk anak perempuan

Perkotaan miniatur juga bisa nih. Sediakan rumah-rumah mainannya. JIka berminat, Anda bisa membuatnya dari botol detergen dengan cara mengganti stiker logo menjadi gambar jendela dan pintu. Bagus lagi bila ditambah mini figure. Lalu gunakan petak tanaknya menggunakan kardus. Voilà! anak perempuan Anda pasti betah berlama-lama dengan mainan dari kardus model seperti ini.

6. Pelosotan sederhana dari kardus bekas

perosotan dari kardus

Woosh. Permainan selanjutnya cukup sederhana namun lumayan jadi favorit anak, terutama untuk anak laki-laki yang suka ketangkasan. Ya, perosotan. Tidak perlu sulit-sulit membuatnya. Cukup letakkan kardus panjang di atas tangga. Sediakan bantal besar atau semacamnya di ujung tangga sebagai penahan sekaligus tempat mendarat. Pasti si kecil menjadi kegirangan.

7. Kapal bajak laut dari kardus bekas

kapal mainan dari kardus

Bajak laut menyerbu!

Daripada hanya membuat origami kapal dari kertas, mending sekalian membuat kapal yang bisa dinaiki si kecil dari kardus. Pasti seru tuh untuk anak Anda. Ia bisa berimajinasi sedang mengarungi laut sambil mengarahkan teropongnya yang terbuat dari gulungan kardus ke kejauhan sana. Beri tiang pada kapal agar makin realistis.

8. Kota mini versi 3 dari kardus bekas

mainan di atas kardus

Kota miniatur versi selanjutnya. Jika yang sebelumnya hanya alasnya yang kardus, kali ini segala infrastruktur di sana juga terbuat dari kardus. Misalnya rumah-rumah, menara, dan jembatan. Yang ini lebih hemat biaya; tidak perlu rumah-rumahan plastik. Proses pembuatannya juga bisa menjadi pembelajaran untuk si kecil.

9. Kapal layar full capacity

perahu layar dari kardus

Bila yang tadi hanya berkapasitas satu orang, model ini bisa mengangkut si kecil sekalian kawan-kawannya. Di tengah kotak terdapat kardus melintang menegakkan tiang bendera. Salah satu ujungnya dibuat menyerupai anjungan kapal. Letakkan potongan kardus berbentuk jangkar di atasnya. Kapal siap berlayar.

10. Mobil-mobilan dari kardus bekas

mobil mobilan dari kardus bekas

Si kecil suka mobil-mobilan? Anda bisa mencoba membuatkannya mobil dari kardus seperti pada gambar. Buat ruangan di dalamnya agak luas supaya mainan-mainan kecil bisa masuk ke dalam. Warnai sesuai kesukaan si anak agar tampilan makin menarik.

11. Lintasan kreatif mobil mini

lintasan mobil mobilan dari kardus

Lintasan mobil mainan terasa mahal? Ada alternatif lain kok. Yaitu dengan membuatnya sendiri dari kardus bekas. Selain biayanya lebih hemat, kreativitas anak juga makin terasah dengan ikut membuatnya. Anda bisa mengikuti model aslinya. Buat jembatannya, tanjakan, turunan, plus tempat parkirnya. Jadi deh.

12. Kulkas dari kardus bekas

kulkas dari kardus

Kulkas dari kardus? Boleh tuh untuk menunjang si anak yang suka bermain peran ibu-ibuan. Gabungkan dua kardus dengan ukuran berbeda. Yang jumbo sebagai lemari pendingin, yang mini sebagai freezer. Buat pintu untuk masing-masing.

Buat juga pegangannya dari tali tebal. Lalu isi deh kulkas baru itu dengan makanan yang bobotnya enteng. Tempelkan juga daftar belanjaan pura-pura di pintunya agar makin kelihatan nyata.

13. Pesawat-pesawatan dari kardus

pesawat mainan dari kardus

Terbang dengan pesawat kardus. Potong melonjong bagian kanan dan kiri kardus. Tempelkan potongan kardus berbentuk baling-baling di depan, sayap di samping-sampingnya, dan ekor di belakang. Lalu beri garis-garis dengan spidol untuk memperjelas bagian sayap. Anda bisa mewarnainya bila mau.

Demikianlah ide-ide kerajinan untuk menyulap kardus bekas menjadi mainan anak. Dari sekian banyak gambar, adakah yang menarik perhatian Anda? Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

0

Pendapat Anda?