Apa itu Seni Kolase, Cara Membuat, Bahan dan Contoh Gambarnya

contoh gambar kolase

Keberadaan barang-barang bekas seperti, koran, majalah, kardus, kaleng, plastik, dan daun-daun kering di sekitar rumah kita sering kali dianggap sebagai sampah yang tidak berguna. Namun siapa sangka ternyata barang-barang tersebut bisa digunakan sebagai karya seni kolase yang sangat indah.

Karya seni yang satu ini dapat mengubah barang-barang yang tidak dianggap tidak berguna disekitar kita menjadi sebuah karya yang luar biasa.

Apa itu kolase?

Kolase adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan cara menempel potongan, pecahan, atau kepingan bahan material yang terbuat dari kertas, kaca, biji-bijian, kerang, kulit kayu, dedaunan, atau bahan alam lainnya. Bahan-bahan tersebut ditempelkan pada sebuah gambar sehingga membentuk warna yang indah.

Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Kolase juga bisa berbentuk tiga dimensi yang disebut dengan asemblase. Selama bahan-bahan tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar, akan menjadi karya seni kolase yang keindahannya sangat luar biasa.

Menurut Prof. Sofyan Salam, Kolase yaitu segala sesuatu yang ditempel. Jika kita menempel kursi di dinding, maka hal itu juga bisa disebut kolase. Jika kita menggabung beberapa material pada satu bidang maka itu juga disebut kolase.

Bahan yang digunakan untuk membuat kolase

Karya seni kolase dapat dibuat dengan memanfaatkan bahan baku yang bermacam-macam. Bahan-bahan tersebut akan menghasilkan karakter bentuk kolase yang unik dan menarik. Bahan-bahan pembuatan kolase antara lain adalah:

1. Serutan Kayu

Seni kolase dapat menggunakan serutan kayu yang sudah kering. Hal ini dimaksudkan agar warnanya tidak berubah, lalu serutan kayu dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan siap untuk ditempel.

2. Kaca

Kaca yang digunakan adalah bekas potongan kaca yang biasa didapat di tempat orang yang memasang bingkai untuk gambar pajangan yang sudah tidak digunakan lagi. Agar kaca nampak berwarna, Anda bisa mengecatnya. Kalau pemotong kaca tidak ada, Anda bisa memecahkannya dengan palu atau dibanting. Dengan cara ini akan diperoleh ukuran kaca yang tidak teratur dan tidak sama besar. Dalam pengolahan kaca diharapkan berhati-hati agar tidak terluka.

3. Batu

Batu yang cocok adalah batu akik, sebab memiliki bermacam-macam warna, lalu diasah sehingga warnanya akan terlihat lebih cemerlang.

4. Logam

sebaiknya dipilih bekas-bekas logam yang gampang didapat, seperti seng, kuningan, dan aluminium. Plat logam dapat dipotong-potong dengan ukuran yang dikehendaki, lalu kemudian ditempel ke bidang dasar kolase.

5. Keramik

Keramik mempunyai warna yang cukup bervarias. Anda bisa menggunakan bekas potongan keramik untuk lantai rumah. potong atau pecahkan keramik sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

6. Tempurung kelapa

Pilih tempurung dari kelapa setengah tua atau kelapa tua, lalu bersihkan dari serat-serat sabut dan haluskan dengan ampelas. Setelah halus, baru dipotong sesuai ukuruan yang dikehendaki. Tempurung dapat dipotong-potong dengan gergaji besi atau dipalu sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

7. Biji-bijian

Kolase juga bisa dibuat dari bahan alam seperti biji-bijian. Bahan ini bisa didapat dari tumbuh-tumbuhan yang ada di alam sekitar kita, biji-bijian ada banyak macamnya, demikian pula bentuk, ukuran, warna, dan teksturnya. Biji-bijian ini hendaknya dikeringkan terlebih dahulu agar warnanya tidak berubah lagi. Bila perlu, bisa digoreng sangan terlebih dahulu atau digoreng tanpa minyak.

8. Daun-daunan

Bahan alam lainnya yang bisa digunakan untuk karya seni kolase adalah daun-daunan. Bahan ini sangat mudah di dapat di sekitar rumah, ambil daun kering atau daun yang sudah gugur. Pilihlah warna daun kering yang berbeda-beda agar dalam penyusunannya menjadi sebuah lukisan yang nampak hidup.

9. Kulit buah

Kulit untuk bahan kolase bisa berasal dari kulit buah dan kulit batang tumbuh-tumbuhan. Misalnya kulit salak, kulit kacang tanah, kulit jeruk, atau kulit rambutan. Kulit batang yang dapat dijadikan kolase di antaranya: kulit pisang, dan kelopak bambu. Semua kulit-kulitan haruslah dikeringkan dahulu sebelum digunakan sebagai bahan kolase, lalu dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

10. Kertas

Bahan kolase yang lainnya bisa menggunakan kertas yang berwarna. Semua kertas berwarna pada dasarnya dapat dijadikan bahan kolase. Kertas-kertas bekas sampul, majalah, poster-poster, almanak-almanak, kemasan rokok atau kemasan produk-produk industri dapat pula digunakan sebagai bahan kolase. Cara membuatnya, kertas dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Contoh gambar kolase

Berikut Temonggo share contoh gambar-gambar kolase yang terbuat dari berbagai bahan, termasuk bahan alam yang mudah didapat disekitar kita, antar lain adalah:

1. Bebek

kolase bebek

2. Membuat kolase burung hantu dari daun

kolase burung hantu dari daun

3. Burung hantu dari biji-bijian

kolase burung hantu dari biji bijian

4. Landak

kolase dari biji bijian

5. Singa

kolase hewan singa

6. Ikan

kolase ikan

7. Kupu-kupu

kolase kupu kupu

8. Lumba-lumba

kolase lumba lumba

9. Macan

kolase macan

10. Mobil-mobilan

kolase mobil mobilan

Demikian sedikit penjelasan tentang apa itu kolase dan cara membuatnya, lenkap dengan contoh-contohnya yang terbuat dari bahan alam yang ada di sekitar kita. Silahkan dicoba, silahkan share hasil karya Anda di kolom komentar supaya jadi inspirasi untuk yang lainnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0