DIY Daur Ulang: 16 Cara Memanfaatkan Baju Bekas untuk Anak

Ada cara kreatif nih untuk menyikapi tumpukan baju bekasmu. Dari pada asal dibuang, mending coba didaur ulang, deh. Dengan bermodalkan gunting, mesin jahit, dan si baju bekaspun jadi baru untuk dipakai anak.

Belakangan ini proyek DIY (Do It Yourself) semakin diminati masyarakat. Tidak mengherankan sebab masyarakat kita makin tertarik dengan hal-hal berbau kreatif.

Salah satu praktek DIY yang bisa dipraktekkan para bunda adalah mendaur ulang baju bekas menjadi pakaian untuk anak-anak. Bukan hanya membuat model sesuai selera, pengeluaran pun ikut terbantu.

Berikut inspirasi DIY daur ulang baju bekas yang bisa kamu ikuti. Baju yang sudah tidak terpakai bisa termanfaatkan kembali.

1. Potong Kemeja bekas untuk dijadikan pakaian anak

kemaja bekas menjadi baru

Siapa sangka kemeja ayah bisa dimodifikasi jadi blus manis untuk si adik. Tinggal buat pola sesuai model kesukaan dan ukuran tubuh, lalu pastikan agar garis kancing tepat berada di tengah-tengah. Setelah selesai, jahit bagian pinggiran dengan menyisakan lubang untuk leher, tangan, dan bagian bawah. Jadi deh.

2. Tambahkan karet di bagian lengan dan leher

daur ulang baju bekas untuk anak

Mau nge-upgrade modelnya? Bisa dungs. Beri karet jahit pada lingkar leher dan lengan baju untuk memberikan efek kerutan seperti yang tampak pada gambar di atas. Bisa pula ditambahi gambar-gambar lucu kesukaan si adik melalui sablon.

3. Blus balita imut dari kemeja bekas

pakaian anak dari baju bekas

Blus kali ini memiliki lengan yang terkesan mekar. Asal tahu saja, kali ini kita memainkan peranan cuff  kemeja. Yups, lingkaran pergelangan tangan pada kemeja bisa kita sulap menjadi lengan imut untuk baju si kecil. Jahit dengan telaten dan jadi deh.

4. Dress panjang dengan modifikasi lubang leher

daur ulang baju bekas menjadi pakaian anak

Terdapat trik tertentu untuk membuat kerah seperti gambar berikut.  Pastikan Kamu membuat pola seperti yang dicontohkan.Jika Kamu ingin blus yang panjang, maka potong baju bekas hingga memanjang ke bawah seperti ilustrasi berikut.

5. Paduan kemeja dan pita

kemeja bekas jadi baru untuk anak

Mau membuat dress pantai? Ide yang satu ini juga patut dicoba. Kamu bisa mengubah manik-manik biasa menjadi manik bunga. Lalu gunakan pita sebagai lubang tangan dan leher.  

6. Two In One

dua baju menjadi satu

Menggabungkan dua baju favorit menjadi satu? Kenapa enggak. Kamu bisa menjadikan kaus panjang sebagai atasan dan kemeja sebagai bawahan. Lihat deh model unik macam apa yang bisa dihasilkan. Boleh tuh untuk eksperimen.

7. Dress kotak-kotak berkantong

dress kotak kotak berkantong dari baju bekas

Mungkin Kamu ingin membuat dress panjang untuk balita? Jika tadi kita selalu membiarkan kancingnya terlihat, untuk yang ini Kamu bisa menghilangkannya untuk tampilan yang lebih simple. Sendirikan potongan atas dan bawah, lalu sambung hingga mementuk efek kerutan.

8. Satu baju menjadi dua

diy baju bekas untuk pakaian anak

Jika kamu bosan dengan model dress, coba yang satu ini. Kamu bisa membuat atasan sekaligus bawahan untuk si kecil. Mudah dan praktis. Tinggal buat sesuai pola yang amu inginkan. Gambar di atas bisa jadi referensi.

9. Ubah kemeja bekas menjadi rok

kemeja menjadi rok anak

Bagaimana kalau rok? Cukup praktis. Potong kemeja sesuai pola di atas. Lalu tekuk lingkar atas potongan dan masukkan karet jahit ke dalamnya. Untuk again bawah, beri renda agar tampilan lebih cantik.

10. Gunakan baju anak untuk mal baju

pakaian anak dari daur ulang baju bekas

Kesulitan menggambar pola? Bukan masalah. Hanya dengan menggabungkan kaus dan celana panjang si kecil, sebuah model keren pun bisa dihasilkan. Seperti yang tampak pada gambar di atas. Oh ya, untuk yang ini, bagian kerah kemeja juga disertakan, ya.

membuat pola daur ulang baju bekas untuk pakaian anak

11. Cantiknya paduan kemeja dan kain brokat

modifikasi pakaian bekas

Nggak disangka blus secantik ini ternyata berbahan kemeja bekas. Yups. Jika Kamu punya kain brokat, tidak ada salahnya mencoba model yang satu ini. Gunting sesuai pola di atas dan modifikasikan dengan kain brokat. Jadi deh.

12. Blus anak berbahan kaus polo, why not?

memanfaatkan kaos bekas untuk baju anak

Punya kaus polo bekas di lemari? Mari mengkreasikannya menjadi dress untuk si kecil. Cukup buat pola seperti ilustrasi berikut. Lalu potong dan jahit dengan rapi. Pakaian siap dipakai.

13. Sulap sweater bekas jadi dress cantik

sweater bekas untuk anak

Gimana kalau sweater bekas? Bisa dong. Seperti gambar yang Kamu lihat di atas. Jika bingung dengan polanya, Kamu bisa menjiplak baju si kecil yang lain. Gunting dan jahit dengan telaten. Buat bentuk pita agar baju semakin manis.

14. Blus denim rock the world

denim bekas jadi baru

Model di atas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan model-model sebelumnya. Namun jika dilihat, kain pada kemeja di atas menyerupai denim. Ya, bentuk visual kain juga akan memengaruhi hasil akhirnya. Tampilan denim membuat si kecil makin kece.

15. Lengan kemeja jadi celana anak

lengan baju dibuat celana anak

Keasi yang terakhir agak sedikit berbeda. Alih-alih menggunakan badan kemeja, kita kali ini memanfaatkan bagian lengannya. Siapa kira dua lengan yang disatukan akan membentuk celana panjang. Tinggal tambah karet jahit di bagian ujung. Menarik, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pendapat Anda?