SukaSuka JelekJelek

17 Inspirasi Penataan Ruang Bawah Tangga yang Unik dan Keren

Keterbatasan ruang, terutama pada rumah minimalis membuat kita sebagai pemilik rumah harus pandai dalam mendesain ruangan. Ruang di dalam rumah perlu diatur untuk membuat kesan dan suasana nyaman bagi penghuni rumah.

Namun, sering kita rasakan bahwa semakin hari semakin banyak kebutuhan yang harus kita penuhi sehingga banyak barang menumpuk yang berada dalam ruang yang terbatas di rumah.

Nah, jika kamu memiliki rumah tingkat, kamu bisa memanfaatkan ruang yang tersedia di bawah tangga rumah. Meskipun tidak terlalu luas, namun hal ini bisa menjadi cara yang efektif loh untuk membuat celah ruang menjadi terpakai. Berikut ini beberapa tips menyulap ruang bawah tangga menjadi tempat-tempat berguna:

1. Sebagai Ruang Renyimpanan

box penyimpanan barang di bawah tangga

Ruang kecil yang ada di bawah tangga dapat kamu manfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Jika kamu memiliki banyak barang-barang yang tidak terpakai namun belum ingin kamu buang atau sumbangkan, kamu bisa memasukkan mereka kedalam kotak penyimpanan dan menatanya di bawah tangga.

rak barang di bawah tangga

Selain itu, kamu bisa menyulap ruang kecil di bawah tangga menjadi ruangan untuk menyimpan barang-barang kecil, bahkan makanan ringan dan bumbu dapur juga bisa ditata menjadi ringkas.

2. Sebagai Tempat Aksesoris dan Gantungan Baju

gantungan baju di bawah tangga

Kamu juga bisa memanfaatkan ruang kecil di bawah tangga sebagai tempat aksesoris yang kamu miliki, seperti gantungan baju, tempat sepatu, tampat payung, dll.

rak sepatu di bawah tangga

Contohnya, usai berpulang dari bepergian, kamu bisa meletakkan atau menggantungkan barang-barang kamu di tempat tersebut.

tempat aksesoris di bawah tangga

Dengan demikian, pemanfaatan ruang di bawah tangga ini akan mengurangi ruang sempit di kamar tidur, ruang ini juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan aksesoris.

3. Sebagai Rak Buku dan Koleksi

ruang bawah tangga untuk rak aksesoris

Ruang di bawah tangga yang biasnya memiliki bentuk segitiga cenderung memiliki luas yang sempit. Namun, ruang yang sempit ini juga dapat dimanfaatkan untuk rak buku dan barang-barang koleksi kamu.

rak buku di bawah tangga

Dengan demikian, rak ini juga bisa menjadi penghias ruangan dengan tatanan buku yang rapi, atau tempat dipajangnya foto keluarga dan koleksi-koleksi lain seperti piagam, souvenir dll.

penyimpanan barang koleksi di bawah tangga

Tamu yang berkunjung ke rumah kamu pun juga bisa menikmati keindahan dan kenyamanan rumah kamu dengan melihat-lihat koleksi yang kamu miliki.

4. Sebagai Ruang Santai

kamar bawah tangga

Kamu bisa meletakkan sofa atau kasur di bagian bawah tangga sebagai tempat untuk bersantai. Hal ini juga akan mengurangi ruang sempit dalam ruang keluarga karena kamu meletakkan sofa atau kasur ke bagian ruang “tersembuyi” seperti di bawah tangga.

kasur bawah tangga

Dengan demikian, kamu bisa bersantai bersama keluarga sambil menonton tv atau sekedar berbincang-bincang santai bersama keluarga.

5. Sebagai Tempat Kerja atau Ruang Belajar

ruang belajar di bawah tangga

Ruang kecil di bawah tangga juga bisa bisa kamu manfaatkan sebagai tempat kerja atau tempat belajar untuk anak-anak di rumah. Kamu bisa meletakkan meja di bawah tangga serta rak buku sederhana untuk tempat kamu bekerja ataupun belajar. Tidak perlu menambah kamar khusus untuk bekerja, dengan memanfaatkan ruang bawah tangga ini kamu maupun anak-anak bisa bekerja atau belajar dengan fokus dan nyaman.

6. Sebagai Laundry Room

laundry room di bawah tangga

Mesin cuci memiliki dimensi yang cukup besar dan memakan tempat. Kamu bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai laundry room atau tempat untuk mencuci baju.

mesin cuci di bawah tangga

Agar pemandangan tetap terlihat rapi dan nyaman, tambahakan penyekat untuk menutup ruang laundry ketika sedang tidak digunakan. Dengan demikian, ketika ada tamu, tidak akan terlihat bahwa ruang tersebut digunakan sebagai ruang untuk mencuci.

7. Sebagai Kamar Mandi

kamar mandi di bawah tangga

Ruang kecil setidaknya berukuran 1×1,5 meter dapat dimanfaatkan untuk kamar mandi. Ruang di bawah tangga juga biasanya memiliki ukuran yang hampir sama.

toilet di bawah tangga

Dengan demikian, ruang kecil tersebut bisa dimanfaatkan sebagai kamar mandi baik untuk pribadi maupun untuk tamu yang datang kerumah.

8. Sebagai Ruang Bermain Anak-Anak

ruang main anak

Anak-anak biasanya memerlukan tempat untuk bermain yang aman dan nyaman. Kita bisa memanfaatkan ruang bawah tangga ini sebagai ruang bermain untuk anak-anak.

Tentunya, bagian sudut sempit sebaiknya kita isi dengan barang seperti rak buku atau meja. Hal ini perlu untuk menghindari benturan kepala anak-anak dengan dinding pada sisi bawah tanga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pendapat Anda?