Penyakit Jantung Koroner, Gejala dan Cara Mengobatinya

Jantung koroner merupakan jenis penyakit yang menyerang pembuluh darah khusunya pembuluh nadi atau arteri. Disebabkan oleh plak atau lapisan kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah hingga menyumbat dan membuat darah susah mengalir. Hal ini mengakibatkan Arteri menjadi kaku dan mengharuskan jantung untuk mengeluarkan tekanan yang lebih besar sehingga dapat memompa darah mengalir ke seluruh tubuh.

Faktor – faktor yang menyebabkan penyakit jantung koroner antara lain adalah sebagai berikut :

1. Riwayat atau keturunan

Penelitian membuktikan bahwa, seseorang dengan orang tua yang mengalami penyakit jantung koroner lebih mudah menularkan penyakit tersebut pada anaknya.

2. Depresi atau stress yang berlebihan

Mungkin bagi sebagian dari anda akan menganggap bahwa depresi dan stress tidak akan berpengaruh langsung pada kesehatan jantung apalagi hingga menjadi salah satu penyebab gejala jantung koroner. Tapi tahukah anda bahwa kebiasaan buruk pada beberapa orang yang tengah mengalami depresi justru meningkatkan kemungkinan seseorang terserang penyakit jantung koroner. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seseorang yang sedang depresi yang justru akan membahayakan kesehatannya antara lain adalah merokok, insomnia, makan berlebihan atau justru tidak makan sama sekali, minum alkohol dan sebagainya.

3. Pola hidup dan lingkungan yang buruk.

Orang tua zaman dulu jauh lebih sehat dan kuat karena belum banyak mengonsumsi junk food dan banyak melakukan aktivitas fisik. Sedangkan kebanyakan orang zaman sekarang terlalu kerap di depan komputer dan jarang beraktivitas fiik.

4. Merokok.

Selain merupakan sebuah kegiatan yang buruk, merokok juga akan mengakibatkan seseorang emngalami banyak gangguan kesehatan salah satunya adalah jantung koroner. Rokok berhubungan erat dengan kesehatan jantung pada bagian paru – paru. Dimana darah kotor akan dipompa dari jantung menuju ke paru – paru untuk ditukar dengan oksigen. Hingga darah menjadi bersih dan siap diedarkan keseluruh tubuh oleh jantung kembali. Darah bersih yang kaya oksigen karna tidak merokok akan lebih mudah mengalir dan jantung tidak perlu bekerja melebihi kapasitas normalnya. Lain halnya dengan seorang perokok aktif maupun pasif yang cenderung memiliki darah yang sedikit mengandung oksigen dan kental. Menimbulkan plak pada bagian arteri hingga menjadi penyebab dari penyakit jantung koroner.

5. Obesitas atau kegemukan

Seseorang yang obesitas lebih besar berkemungkinan untuk mengalami jantung koroner. Hal ini karna kandungan gula dan lemak dalam darahnya jauh lebih besar dari batas normal. Hal ini akan menimbulkan plak pada jantung dan memperbesar kemungkinan jantung koroner.

6. Tingkat kolesterol yang tinggi

Kolesterol biasanya didapat dari jenis – jenis makanan yang mengandung banyak lemak. Baik lemak jenuh amupun lemak tidak jenuh. Peran atau fungsi utama lemak dalam tubuh bisa menjadi sangat bermanfaat apabila sesuai dengan batas maksimum kadar lemak dalam tubuh itu sendiri. Apabila melebihi dari batas normal yang dianjurkan, lemak justru akan mengendap di banyak tempat dalam tubuh dan memperbesar kemungkinan terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah jantung koroner.

7. Gizi yang tidak seimbang.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium, atau sodium atau yang lainnya secara tidak seimbang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Karna bisa menimbulkan efek berkebalikan dari fungsi zat itu sendiri. Yang seharusnya dapat menjaga kesehatan justru menjadi sesuatu yang harus dibuang dari dalam tubuh.

Gejala – gejala yang sering dialami oleh pasien dengan riwayat penyakit jantung koroner adalah sebagai berikut :

  • Rasa nyeri pada dada bagian kiri
  • Sesak nafas
  • sering terengah – engah
  • Detak jantung tidak normal
  • Sakit pada bagian kepala dan terjadi secara berulang
  • Keringat dingin
  • Sering lelah
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Pembengkakan pada perut
  • Mual
  • Muntah
  • Rasa sakit pada leher, bahu serta punggung dan siku

Pengobatan yang bisa anda lakukan untuk menanggulangi dampak jantung koroner adalah dengan menjaga pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan – makanan yang menyehatkan bagi jantung atau menggunakan obat – obatan herbal. Berikut adalah beberapa makanan yang harus anda hindari demi menjaga kesehatan jantung anda dan terhindar dari jantung koroner, antara lain adalah :

  1. Olahan daging seperti sosis, nugget, kornet dan sebagainya. Daging panggang atau kalengan.
  2. Minuman bersoda dan manis – manis.
  3. Alkohol dan gula
  4. Mie instan
  5. Kuning telur
  6. susu kaya lemak.

Bagaimana pendapatmu

98 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

6 Makanan dan Minuman Khas Pantura yang Wajib Dicoba

5 Obat Alami yang Mampu Menyembuhkan Jantung Koroner Tanpa Efek Samping