Resep Sayur Bayam Sederhana yang Mudah Dibuat

resep sayur bayam

Untuk Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat pasti di sarankan oleh ahli medis untuk banyak mengkonsumsi sayur. Hal ini karena di dalam sayur terdapat banyak sekali nutrisi dan vitamin yang tidak dimiliki oleh makanan lain. Bahkan sayur bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

Sayur pun terdiri dari beberapa jenis dan juga warna. Biasanya setiap warna sayur juga membedakan kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur tersebut. Sebab antara satu sayur dengan sayur yang lain tentunya kandungan vitaminnya berbeda-beda. Sehingga ada baiknya Anda mengkonsumsi setidaknya satu jenis sayur setiap hari untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Manfaat Sayur Bayam

Diantara banyaknya jenis sayur salah satunya yang wajib Anda coba adalah sayur bayam. Jenis sayur hijau ini mempunyai manfaat yang tidak dimiliki oleh jenis sayur hijau yang lain. Selain itu sayur bayam juga cukup mudah untuk di olah. Sedangkan manfaat yang dimiliki oleh sayur bayam adalah:

1. Menyembuhkan anemia

Penderita anemia biasanya membutuhkan asupan zat besi yang cukup banyak. Dimana asupan zat besi ini bisa Anda dapatkan dari sayur bayam. Sehingga ketika Anda mengkonsumsi sayur bayam secara rutin maka tubuh tidak akan cepat lemas. Sekaligus Anda bisa terhindar dari penyakit anemia yang sering merepotkan.

2. Mencegah kanker

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh sayur bayam adalah bisa mencegah kanker. Hal ini karena bayam termasuk ke dalam jenis sayuran hijau. Dimana sayur hijau memiliki klorofil yang berfungsi untuk membunuh sel kanker sejak dini. Sehingga sayur bayam tidak hanya baik di konsumsi oleh anak-anak saja namun juga untuk orang dewasa.

3. Meningkatkan sistem metabolisme

Sudah di singgung di atas jika sayur bayam bermanfaat untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap baik. Dimana jika sistem metabolisme terjaga kesehatannya maka tubuh Anda juga tidak akan mudah sakit. Selain itu racun yang ada di dalam tubuh juga mudah keluar karena sistem perlindungan tubuh yang kuat.

4. Cocok untuk penderita diabetes

Sekarang ini diabetes termasuk ke dalam penyakit yang umum. Dimana penderitanya tidak hanya terdiri dari orang yang sudah tua saja namun juga beberapa orang yang masih muda. Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil maka Anda bisa makan sayur bayam secara rutin sehingga penyakit diabetes bisa teratasi.

5. Menyembuhkan radang

Ketika sedang menderita radang tentunya tenggorokan akan terasa sangat tidak nyaman. Bahkan kadang tidak hanya tenggorokan saja namun hidung juga terasa sakit. Untuk menyembuhkan sakit radang maka Anda bisa makan sayur bayam. Di dalam sayur bayam terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga radang bisa segera sembuh.

6. Baik untuk ibu hamil

Sayur bayam terbukti baik untuk ibu hamil utamanya untuk mendukung tumbuh kembang janin. Ini karena sayur bayam memiliki kandungan vitamin A yang banyak sehingga bisa mencegah bayi cacat saat sudah lahir. Selain itu anti oksidan yang tinggi juga menghindarkan tubuh bayi dari serangan bakteri.

7. Mencegah aterosklerosis

Penyumbatan pembuluh darah di bagian arteri bisa sangat berbahaya. Akibatnya tidak hanya bisa membuat tubuh lemas namun jugab bisa memicu terjadinya penyakit kronis seperti penyakit jantung dan juga stroke. Untuk mencegah terjadinya aterosklerosis ini maka Anda bisa mengkonsumsi sayur bayam. Sebab bayam memiliki pigmen sayuran yang bisa mengurangi kandungan lemak di pembuluh darah.

7. Menyehatkan kulit tubuh

Untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit tubuh serta ingin terlihat awet muda maka sering seringlah mengkonsumsi sayur bayam. Antioksidan yang tinggi dari sayur bayam bisa menjaga tubuh untuk terhindar dari bakteri. Bahkan antioksidan ini juga melindungi kulit dari radiasi yang sangat parah saat ini.

8. Menyehatkan mata

Makanan yang bisa menyehatkan mata tidak hanya berasal dari wortel saja namun juga bisa dari bayam. Karena sayur bayam memiliki kandungan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata. Selain itu bayam juga memiliki kandungan beta-karoten, karotenoid, dan masih banyak lagi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Jadi untuk Anda yang tidak suka wortel Anda bisa konsumsi bayam.

Resep Sayur Bayam

Sayur bayam biasanya dimasak sayur bening dengan campuran beberapa sayur lainnya ataupun sayur bayam saja. Bayam yang dimasak sayur bening ini memang terbukti lebih bisa menjaga kandungan gizi yang ada di dalam sayur bayam. Untuk Anda yang ingin buat sayur bayam bening maka siapkan bahan-bahannya seperti:

  1. 2 buah jagung manis / 4 buah baby corn
  2. 3 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 ikat bayam
  5. Gula dan garam secukupnya

Untuk membuat sayur bening bayam ini maka hindari penggunaan penyedap rasa karena bisa merusak cita rasa sayur bayam bening yang sebenarnya. Sedangkan cara untuk mebuat sayur bayam bening adalah:

  1. Siangi bayam terlebih dahulu atau pisahkan antara bayam dengan batangnya
  2. Potong agak kecil jagung besar maupun baby corn tadi
  3. Cuci bersih semua bahan
  4. Iris halus bawang merah dan juga bawang putih
  5. Masak air sampai mendidih terlebih dahulu
  6. Jika sudah mendidih maka masukkan irisan bawang merah dan bawang putih, tunggu sampai baunya harum
  7. Masukkan bayam dan juga jagung lalu tambahkan gula dan garam
  8. Tes rasa apakah sudah sesuai atau belum
  9. Jika bayam dan jagung sudah empuk maka matikan kompor

Sayur bayam bening cocok di makan bersama nasi hangat dan juga gorengan atau kerupuk. Anda juga bisa menambahkan sambal untuk memakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pendapat Anda?