SukaSuka CakepCakep JelekJelek

22 Model Tangga Minimalis untuk Rumah Sederhana dengan Ruang Sempit

Untuk Kamu yang ingin menambah ruangan ekstra tanpa perlu menambah luas bangunan, coba pertimbangkan tentang mezzanine. Mezzanine adalah lantai tambahan yang pendek dan kecil. Ia bisa dikatakan sebagai balkon di dalam rumah. Ini berguna untukmu yang butuh ruangan tambahan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

Nah, komponen utama yang tak bisa lepas dari mezzanine sendiri adalah tangga. Sebagai pecinta desain, bukankah kita menyadari bahwa desain tangga pasti tidak hanya gitu-gitu aja. Di sini kami akan menampilkan beberapa desain tangga yang cocok untuk mezzanine-mu.

Sebagian orang menyebut dengan istilah loteng. Loteng sebenarnya tidak begitu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Istilah loteng malah akan mengingatkan kita pada rumah-rumah di film luar negeri. Loteng adalah ruang tambahan di balik langit-langit rumah. Ia biasanya dipakai untuk gudang ataupun kamar tidur.

Nah, jika direnungkan lagi, loteng akan berguna jika Anda sedang berencana membuat ruang tambahan. Selain biayanya yang lebih bersahabat, bukankah menyenangkan untuk punya kamar privat di area yang lebih tinggi. Lebih menyenangkan lagi jika di atapnya dibuat jendela tambahan. Malam-malam bisa tiduran sambil lihat bintang, deh.

Nah, di sini kami akan menyajikan beberapa model loteng untuk ruangan barumu yang super modern dan keren untuk Anda pertimbangkan. Ruang tambahan pada lantai 2 ini biasanya agak sempit, nah berikut model tangga minimalis untuk rumah sederhana dengan ruang sempit.

1. Tangga kayu standar

tangga rumah ruang sempit 1

Model berikut adalah tangga yang sering Kamu jumpai di mana-mana. Tangga ini berbahan kayu. Warnanya yang pekat memberikannya efek kokoh. Ia memanjang dari bawah menuju ruangan mini di atas. Sebuah model standar yang banyak digemari masyarakat.

2. Tangga kayu praktis tanpa pegangan

tangga rumah ruang sempit 2

Tangga unik di atas terbuat dari kayu. ketiadaaan hand railing/pegangan dan warnanya yang cerah membuatnya tampak ringan dan praktis. Ketika biasanya tangga diletakkan bersinggungan dengan dinding, yang satu mendiagonal dari tengah ruangan.

Semua faktor itu membuat tangga berikut sedikit menantang karena tak ada protector di bagian kanan maupun kirinya. Kami sarankan untuk menggunakannya pada ketinggian yang bisa ditolerir.

3. Tangga besi ramping minimalis

tangga rumah ruang sempit 3

Ingin penampilan tangga yang ramping? Model berikut bisa kami rekomendasikan. Materialnya terbuat dari besi. Tiap pijakannya berbentuk lempengan tipis. Ada pegangan di samping jika Kamu mengkhawatirkan sisi keselamatan. Tangga jenis ini akan mendukung konsep rumah minimalis.

4. Tangga kayu-besi model U

tangga rumah ruang sempit 4

Desain tangga di atas dinamakan Model U. Ia menggabungkan dua tangga yang memiliki arah yang berlawanan. Tangga berikut umumnya digunakan pada rumah-rumah yang tidak begitu luas. Ia terbuat dari kayu dengan tambahan material logam di sisi-sisinya. Ruang kosong di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk tempat meletakkan sepatu dan semacamnya.

5. Tangga besi melayang tanpa pegangan

tangga rumah ruang sempit 5

Desain kontemporer dari tangga melayang akan cocok untuk Kamu yang ingin menciptakan konsep minimalis sekaligus inovatif di dalam rumah. Tangga yang berbahan besi ini ditanam ke dinding langsung tanpa adanya penahan lain di bagian bawah. Efek melayangnyalah yang menjadi sorotan utama model berikut.

6. Tangga besi ekstra ramping

tangga rumah ruang sempit 6

Sebuah tangga serba besi untuk Kamu yang serba minimalis. Desain rampingnya terlihat ringan dan tidak menonjol di dalam ruangan. Menempel di dinding dan menyediakan hand railing. Ruangan kosong di bawah tangga bisa Kamu manfaatkan untuk menyimpan barang-barangmu.

7. Tangga kayu melayang berpegangan

tangga rumah ruang sempit 7

Persiapkan diri untuk model cemerlang berikut ini. Masih ingat dengan tangga melayang? Ini salah satunya, tapi dengan versi yang ditingkatkan. Ia terbuat dari kayu yang mana motif seratnya menjadi nilai tambah estetika.

Yang satu ini juga menyediakan pegangan tangga, sehingga jiwa-jiwa paranoid bisa terselamatkan. Kekosongan di bawah tangga bisa Kamu isi dengan sofa, kursi, atau perabotan lainnya.

8. Tangga kayu modern

tangga rumah ruang sempit 8

Berikut adalah model lain dari tangga minimalis berbahan kayu. Tangga melayang ini sekilas terlihat ditanam di dinding. Tapi sebenarnya, setiap anak tangga ditahan oleh anak tangga di bawahnya yang kemudian berparalel dari atas ke bawah. Tuh, Kamu lihat tiang mini hitam di samping kanan dan kirinya, kan? Tangga modern ini juga menyediakan pegangan tangan untukmu. Dan lagi-lagi, manfaatkan pula area di bawah tangga, ya.

9. Tangga kayu dengan lempeng kaca

tangga rumah ruang sempit 9

Desain tangga maskulin ini bermaterial kayu. Penulis katakan maskulin karena visualnya mengingatkan pada figur pejantan. Mungkin ada hubungannya anak tangga yang berwarna kayu solid serta pinggirannya yang berwarna hitam. Hal sederhana yang terlihat kompleks dan kokoh.

Keunikan itu juga ditambah dengan pegangannya yang menyertakan lempeng kaca. Hal ini membuatnya tampak elegan secara bersamaan.

10. Tangga kayu berlaci

tangga rumah ruang sempit 10

Tangga kontemporer berikut cukup praktis dipakai di dalam rumah yang tidak begitu luas, sebab di bawahnya disediakan laci-laci untuk menyimpan barang-barang. Tangga berikut terbuat dari kayu. Ia tampak ringan tapi cukup kokoh untuk menjadi tangga. Tersedia satu tiang besi memanjang untuk pegangan tangan.

11. Tangga kayu melayang tanpa pegangan

tangga rumah ruang sempit 11

Tangga berikut adalah model lainnya dari tangga melayang. Ia tidak ditanam di dinding dan warnanya begitu polos. Tidak mencolok dan efisien. Dibuat tanpa pegangan dan bersinggungan dengan dinding. Terdapat area kosong di bawahnya yang bisa dimanfaatkan.

12. Tangga kayu zig-zag

tangga rumah ruang sempit 12

Desain zig-zag berikut tampak cukup segar setelah melihat model yang lain. Seperti di gambar, tangga ini menggunakan model L. Ia terbuat dari kayu yang tebal dan berwarna seperti batangan coklat. Hal ini membuat tampak tangguh. Model tangga berikut dianggap hemat ruangan, sehingga cocok untuk rumah sempit.

13. Loteng ala rural hollywood

tangga minimalis 1

Loteng di gudang peternakan ala-ala film Hollywood. Tempat tidurnya diletakkan di atas sebuah lantai kokoh berbahan kayu. Di pinggirannya terdapat pagar berpola silang yang membangun kesan tersebut. Tangganya adalah transformasi dari rak-rak yang disusun dengan cerdik. Tidak lupa ditambahkan ornamen gantung.

14. Pintu ala disney di loteng

tangga minimalis 2

Munculkan aura dreamy di loteng rumah dengan ornamen pintu bernuansa fairytale berikut ini. Pemiliknya menambahkan pagar lagi untuk memperkuat keamanan. Tangganya lagi-lagi dibuat sefungsional mungkin dengan menjadikannya sebagai rak barang.

Sebagai tindakan efisien lainnya, loteng berikut dibuat di atas area dapur dengan lantai yang terbuat dari kayu yang kokoh.

15. Loteng modern dan minimalis

tangga minimalis 3

Tidak melulu kayu, loteng untuk ruangan tambahan yang satu ini berbahan semen. Pilihan berikut cocok untuk kamu yang lebih suka hal-hal konvensional. Gunakan pula pagar besi di pinggirnya untuk menguatkan security plus kesan modern. Jika mau praktis, sediakan tangga portable berbahan kayu seperti pada gambar.

16. Loteng brown and white

tangga minimalis 4

Kesan elegan bisa diperoleh dari tampilan yang minimalis seperti pada gambar berikut. Cat dindingnya yang putih bersih sangat menawan disandingkan dengan lantai kayu bermotif serat yang gelap itu. Untuk mendukung nuansa brown and white, pemiliknya memilih kasur lantai berwarna putih yang super comfy. Kesederhanaan di atas tak akan membosankan jika di sekeliling tempat tidur terdapat jendela-jendela yang memperlihatkan pemandangan.

17. Loteng serba kayu sederhana

tangga minimalis 5

Loteng minimalis serba kayu. Tidak hanya lantainya yang dari kayu, loteng ini juga menyatu dengan sebuah tangga kayu di samping. Mau sedikit adrenalin? Buatlah tanpa pagar seperti pada gambar. Jika area loteng ini sempit, sebaiknya pilih kasur yang tidak begitu besar agar ruangan tidak semakin sesak dan Anda bisa nyaman di sana.

18. Loteng bergaya nostalgia

tangga minimalis 6

Loteng kayu berikut ini menggunakan pagar kayu bermodel kuno. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal bertema nostalgia. Beri hiasan ataupun tanaman hias agar area loteng makin menarik dan segar. Anda bisa menambahkan pegangan tangan di dinding dekat tangga jika diperlukan. Beri penerangan yang tidak terlalu terang agar tidurmu lebih nyaman.

19. Loteng kayu dengan pegangan tangan di dinding

tangga minimalis 7

Loteng kayu berikut memiliki sebuah tangga yang memanjang dari bawah menuju ke atas; ke arah jendela. Tangganya dan meja makan di samping kanan dipisahkan oleh sebuah dinding. Pada samping-samping tangga, disediakan pegangan tangan agar lebih aman. Semua ini adalah konsep yang menarik untuk ditiru. Pagarnya berbentuk minimalis dengan hanya memanfaatkan beberapa tiang kayu.

20. Loteng modern yang manis

tangga minimalis 8

Loteng modern selanjutnya datang dari sebuah desain yang lantainya tidak hanya berbentuk segi empat. Lantainya diperpanjang di bagian samping khusus untuk tangga. Pagarnya ramping. Tangganya berbahan kayu. Agar makin menarik, gantungkan pula hiasan dinding dan semacamnya. Bagian bawah tangga bisa Anda manfaatkan meletakkan barang-barang.

21. Loteng mewah dengan kayu gelap

tangga minimalis 9

Suka tema mewah? Anda bisa memilih jenis kayu berwarna gelap seperti di atas. Tangganya juga bisa digunakan untuk menyimpan barang di sisi sampingnya. Buat jendela di sekeliling ruangan agar kamar tidak terasa sumpek.

22. Loteng modern dengan tangga praktis

tangga minimalis 10

Loteng modern berikut mengaplikasikan konsep tempat tidur tingkat di mana mereka menggunakan tangga jenis ini dikarenakan tidak terlalu tinggi. Praktis dan efektif. Pagar lotengnya yang berupa besi ramping memberikan kesan minimalis.

Di atas adalah beberapa gambar model tangga minimalis untuk ruang tambahan di rumahmu. Semoga artikel ini bisa sedikit memberi pencerahan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Pendapat Anda?