Tau Gak Sih, Apa bedanya Manga, Manhwa dan Manhua?

Bagi anda penggemar animasi, gambar menggambar, kartoon atau yang lainnya pasti pernah mendengar kata manga, apa itu manga dan bagaimana penampakannya. Tapi mungkin banyak di antara masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa manga itu sendiri bisa dikatakan bukan manga. Mengapa? Karna manga menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti komik khas Jepang. Lalu bagaimana dengan negara lainnya? Apakah hanya orang Jepang saja yang pandai dan handal dalam membuat komik?

Hampir di seluruh negara – negara besar di dunia memiliki keberagaman dalam menciptakan suatu karya seni berupa gambar. Adat istiadat yang dipakai serta pola pikir penulis atau mangaka membuat penggemar sejati komik bisa membedakan darimana sebuah komik berasal hanya dari ceritanya, atau desain gambarnya, atau yang lainnya meskipun komik tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa yang berbeda – beda. Cukup menakjubkan bukan?

Photo by Techaeris.com

Orang jepang menyebut komik mereka dengan manga, manhwa untuk orang Korea dan manhua di Cina. Sedangkan untuk negara adidaya Amerika lebih suka menyebutnya dengan kartoon. Well, kali ini kita akan membahas mengenai manga, manhwa dan manhua karna meski berada di negara yang dempet –dempetan dan bertetangga, gambar yang dihasilkan memiliki ciri khusus yang berbeda satu sama lain. Benarkah demikian? Anda bisa mengujinya dengan meneliti sekilas pada komik yang sering anda baca dan melihat keberagamannya.

Perbedaan manga – manhwa dan manhua

Sekilas terlihat mirip, tapi nyatanya benar – benar berbeda. Berikut beberapa perbedaan yang bisa anda bandingkan antara manga, manhwa dan manhua, antara lain adalah :

1. Asal Negara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manga berasal dari Jepang, sedangkan manhwa dari Korea khususnya Korea Selatan dan manhua dari Cina.

2. Cara Membaca

Photo by Barnesandnoble.com

Hayo masih suka bingung pas baca komik karna tidak tahu harus mulai darimana? Membaca manga dimulai dari baris paling kanan atas, kemudian kebawah dan seterusnya hingga berlanjut ke bagian kiri. Sedangkan manhwa dimulai dari kiri ke kanan begitupun dengan manhua. Jangan bingung dan lihat dulu judulnya, mungkin anda bisa mengidentifikasi judul komik yang anda baca untuk kemudian memahami bagian awal mana yang harus anda baca terlebih dahulu setelah mengetahui negara asal pembuatannya.

3. Karakter Gambar

Berbicara tentang karakter sebuah gambar tentu tidak lepas dari penulisnya. Tetapi tahukah anda bahwa sebagian besar kelompok manga, manhwa dan manhua bisa diidentifikasi dengan mudah dari karakter gambarnya, meskipun setiap authornya berbeda – beda.

Manhwa cenderung memiliki lebih sedikit gambar dan penjelasan. Tidak detail tapi lebih mudah dipahami. Lebih mengedepankan kata – kata sederhana yang penuh makna ditambah dengan ekspresi wajah karakter yang digambarkan hanya pada peristiwa penting saja.

Photo by 1milyarbilgi.com

Manhua cenderung memiliki gambar lebih realistis dengan banyak kata – kata, penggambaran awal cerita dan sebagainya. Selain itu, karakter yang digambar meski lebih realistis daripada manga Jepang, tetapdibuat secantik dan seganteng mungkin.

Gambaran karakter komik yang paling aneh mungkin bisa disematkan pada manga – manga buatan Jepang. Bahkan anime yang dihasilkan memiliki tingkat melebih – lebihkan yang parah. Selain karakternya yang dibuat setampan dan secantik mungkin, ukuran proporsionalitas dari karakter Jepang patut untuk dipertanyakan.

4. Alur

Meski ide dan orisinalitas dari setiap author itu berbeda – beda, tidak ada author yang ingin memiliki alur yang sama dengan author lainnya, akan tetapi manga, manhwa dan manhua bisa dibedakan jika anda teliti melihat alurnya. Alur dari manhwa biasanya sederhana meski unik dan dikembangkan dengan alur perlahan yang penuh perasaan hingga membuat pembaca terpukau untuk terus membaca kelanjutannya.

Manhua lebih mengedepankan pada ide – ide unik yang out of the box. Memiliki alur cepat yang mungkin bisa membingungkan tetapi anda akan diajak untuk menyelami pola pikir pemain dan, jika anda bisa bertahan dengan penjelasan sedikit panjang dari manhua, anda akan melihat bahwa sebenarnya permasalahan yang dialami oleh karakter dalam manhua itu simple.

Manga, jika orisinalitas dan ide unik yang benar – benar complete dari awal hingga akhir menjadi tujuan anda dalam membaca komik, maka anda mungkin harus membaca manga. Karna manga menyuguhkan ide author yang tidak setengah – setengah, persis sekali dengan karakter orang Jepang asli.

Bagaimana pendapatmu

99 points
Upvote Downvote

Kasih komen di sini gan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

comments

10 Cara Sederhana Melatih Otak untuk Meningkatkan IQ, Fokus, dan Kreativitas Seseorang

Ayam atau Telur, Manakah yang Lebih dulu? Ini Jawaban Menurut Logika, Sains dan Agama