SukaSuka CakepCakep CantikCantik

15 Gambar Pemandangan Pantai dan Laut yang Mudah untuk Digambar

Menggambar bisa dibilang jadi kegiatan favorit utama dalam masa pembelajaran dini bagi semua anak yang berada di kisaran usia taman kanak-kanak sampai sekolah dasar atau SD. Menariknya, apabila diberi tugas menggambar dengan tema bebas, salah satu pilihan yang pasti jadi favorit yaitu pemandangan pantai dan laut yang indah.

Tentunya, ada rasa kepuasan sendiri apabila gambar yang dibuat bisa punya hasil akhir seindah mungkin dan mendapat penilaian yang memuaskan. Di artikel ini, akan ada beberapa contoh gambar pemandangan pantai dan laut yang bisa dijadikan ispirasi.

Cara menggambar pemandangan pantai dengan pensil

Ada beberapa langkah yang bisa coba diikuti supaya gambar pantai yang digambar hasilnya memuaskan.

  1. Karena yang dipilih adalah pemandangan pantai, gambar terlebih dulu garis cakrawala dengan menarik garis lurus horizontal di tengah-tengah kertas. Garis ini adalah cakrawala yang mempertemukan lautan dan langit.
  2. Gambar garis bergelombang untuk tepian air, bagian gambar ini adalah garis ombak tempat bertemunya air laut dan pasir di tepian pantai.
  3. Buat lengkung-lengkung kecil di bagian air yang terdapat di atas garis ombak sebagai gelombang pada air laut.
  4. Gambar awan di langit, goreskan garis lengkung pendek yang saling menyambung, anda juga bisa menggambar awan besar atau kecil sesuai keinginan
  5. Tambahkan gambar matahari atau bulan, matahari jadi objek yang paling sering digunakan.

Ada baiknya gunakan pensil secara tipis-tipis agar mudah dihapus jika ada kesalahan. Gambar pantai dan laut yang Anda buat tentunta seperti gambar kartun, bukan gambar asli seperti di foto.

Setelah menyimak cara dasar menggambar pemandangan pantai dan laut, berikut beberapa contoh gambar sebagai inspirasi dan tentunya disesuaikan dengan kreasi masing-masing.

1. Matahari terbenam di garis cakrawala

pemandangan matahari terbenam di pantai kartun

Matahari jadi objek yang paling sering digunakan sebagai pelengkap saat menggambar, pada gambar pantai kartun di atas, matahari digambarkan dalam kondisi sunset di perbatasan garis cakrawala.

2. Pantai dengan latar langit pelangi

pemandangan pantai dengan warna langit yang indah

Tanpa ingin menyertakan matahari atau bulan bukan masalah, keindahan langit pantai di sore hari tetap bisa digambarkan dengan perpaduan warna pelangi yang dihiasi beberapa tambahan burung.

3. Perahu layar yang menarik perhatian

perahu di pinggir pantai

Agar terkesan menggambarkan keadaan laut sepenuhnya, bisa juga tambahkan gambar kapal layar yang terlihat mulai berlayar saat matahari mulai terbit.

4. Pantulan sinar matahari di laut

sunrise di pantai

Kalau ingin menambahkan gambaran yang detail, perumpamaan pantulan sinar matahari di perairan laut juga bisa jadi pilihan untuk menggambarkan keadaan pemandangan laut dan pantai yang sempurna.

5. Pantai dan pemandangan bukit

pantai dan peamandangan perbukitan

Pemilihan latar pemandangan di siang hari juga bisa menjadi pilihan yang gak kalah menarik, tambahkan beberapa objek burung dan bukit yang biasanya juga terlihat dari lautan.

6. Garis tepi pantai saat matahari terbit

garis tepi pantai saat matahari terbit

Penggambaran tepi pantai yang panjang saat matahari terbit di pagi hari juga bisa dijadikan pilihan, langit biru cerah yang siap menyambut matahari bisa semakin menyempurnakan gambar yang dibuat.

7. Pulau kecil tempat perahu berlabuh

pulai kecil dan perahu

Tidak selalu harus menggambarkan tepian pantai pada pulau besar, gambaran pulau kecil yang berada di tengah laut juga bisa menjadi pilihan yang dilengkapi dengan perahu yang sedang berlabuh di tengah hari.

8. Keindahan langit pantai di senja hari

pemandangan pantai sore hari

Pemilihan suasana matahari terbenam dengan perpaduan langit jingga dan oranye banyak menjadi favorit, disertai pantulan sinar matahari di permukaan laut dan awan, tambahkan juga objek perahu nelayan yang terlihat kembali setelah berlayar.

9. Cuaca laut yang cerah berawan

kapal di laut

Tanpa adanya matahari, bulan, atau pelangi, gambaran cuaca yang berawan dengan langit biru cerah senada dengan warna air laut bisa jadi pilihan, penambahan objek pohon kelapa yang khas juga bisa menambah kesan alam pantai.

10. Sunset di antara pepohonan kelapa

sunset di laut

Penempatan sunset dilengkapi dengan 2 objek pohon kelapa dan tambahan perahu layar di antara keduanya, pewarnaan air laut juga dibuat bergradasi seolah terkena pantulan sinar dari matahari.

11. Pulau di sebrang laut

pulau di seberang laut

Dengan warna langit jingga, oranye dan keunguan, pemandangan ini juga menggambarkan pulau sebrang dengan gambar bangunan rumah di tepi pantai.

12. Pohon kelapa di pantai

pohon kelapa di pantai

Tepian laut bukan dengan pantai melainkan bukit juga bisa dipilih dengan dilengkapi gambar pepohonan kelapa yang sama dengan gambar sebelumnya, dengan matahari hampir terbenam di antara kedua pohon kelapa dan garis khatulistiwa semakin menambah keindahan gambar.

13. Sunset dengan pantulan warna langgit senja

matahari terbit di pantai

Masih sama seperti gambar sebelumnya, yang membedakan ada pada warna langit senja oranye kemerahan yang bisa dipantulkan juga pada pewarnaan permukaan air laut.

14. Pemandangan gunung sebagai pelengkap

gunung di pantai dan lautan

Tidak hanya pemandangan laut dan pantai, objek gunung juga bisa sekaligus ditambahkan sebagai pelengkap dalam gambar, gunung bisa ditempatkan pada batas garis cakrawala dan melengkapi pemandangan alam.

15. Laut berwarna dan pantai dengan siluet

matahari terbenam di pantai

Ide lain yang gak kalah menarik, pewarnaan bisa hanya diberikan pada objek laut dan langit, penerapan bagian pantai dan pulau di sebrangnya hanya dengan siluet memberikan kesan unik dan tentunya kemudahan dalam pewarnaan.

Itu dia 15 gambar pantai yang bisa dijadikan contoh menggambar pemandangan bagi anak yang tentunya disesuikan dengan ide dan kreativitas masing-masing.

Loading…

0

Pendapat Anda?

27 Points
Upvote Downvote