13 Contoh Gambar Mewarnai Pemandangan Alam untuk Anak TK dan SD

Salah satu cara untuk mengenalkan alam pada anak TK dan SD kelas awal adalah dengan mewarnai gambar pemandangan. Nah, berikut kami share sketsa gambar pemandangan berupa gunung dan air sungai yang cocok dan mudah untuk diwarnai anak-anak.

Mewarnai menjadi salah satu aktivitas yang dapat memberikan sejumlah manfaat. Tidak hanya untuk anak-anak, tapi orang dewasa juga bisa mewarnai di saat waktu luang. Menggoreskan krayon ke gambar mewarnai, selain dapat menghabiskan waktu luang, juga bisa meningkatkan konsentrasi.

Sementara untuk anak, mewarnai bisa menjadi sarana dalam ekspresi dan media terapi. Selain itu, mengajar anak untuk mewarnai bisa membantunya untuk lebih peka dan cepat membaca, lho.

Bagi Anda yang ingin mengajar anak-anak untuk mewarnai alam, Anda bisa mendownload sketsa gambar pemandangan di bawah ini. Sketsa gambar mewarnai di sini hanya sebagai contoh saja, untuk mendownload gambar mewarnai dengan format pdf yang lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi laman Mewarnai.id.

1. Lumba-lumba berenang di laut

mewarnai lumba lumba

Yuk, ajak si kecil untuk mewarnai hewan yang ada di air, yaitu lumba-lumba. Anda bisa mengajarkan tentang hewan tersebut agar anak mempunyai banyak ilmu. Bantu si kecil agar tidak bingung dalam mewarnai bagian air.

2. Angsa berenang di alam

angsa berenang di air danau

Si kecil sedang aktif-aktifnya mewarnai? Anda bisa memilih gambar sederhana tapi cukup banyak yang harus diwarnai. Mulai dari rumput, bunga teratai, air, dan bebek. Jangan lupa memantau anak saat mewarnai bagian rumput agar tidak berantakan.

3. Pemandangan pantai dan pegunungan

pantai

Si kecil baru belajar mewarnai? Anda bisa memilih gambar pemandangan gunung, matahari, air, tanah, dan pohon kelapa. Gambar ini cocok untuk anak kisaran 4-5 tahun untuk melatih rasa kepekaannya.

4. Gambar gunung dan pemandangan alam

gunung dan pemandangan

Bingung memilih gambar untuk diwarnai si kecil yang umurnya di bawah 5 tahun? Anda bisa memilih gambar pemandangan gunung, air yang mengalir, awan, dan pohon. Gambarnya yang sederhana membuat si kecil tidak bingung saat mewarnainya.

5. Matahari terbit di balik gunung

sunrise gunung

Anda bisa memilih gambar bunga, pohon, pemandangan gunung, matahari, jalan, dan rumah. Meski terlihat simpel, tapi banyak poin yang harus diwarnai oleh si kecil. Anda bisa memberinya gambar ini jika dia mulai menyukai dalam mewarna. Akan tetapi jika baru awal, pilih gambar sederhana agar tidak membuatnya langsung bosan.

6. Sketsa anak bermain di lereng gunung

anak di lereng gunung

Ingin gambar mewarnai yang simpel untuk anak? Anda bisa memilih gambar anak laki-laki dan anjing kesayangannya sedang melihat pemandangan. Poin yang harus diwarnai adalah anak laki-laki, anak anjing, pohon, gunung, awan, dan matahari. Si kecil tidak perlu pusing karena tidak ada garis yang ribet.

7. Air terjun

sketsa air terjun

Anda juga bisa memilih gambar pemandangan seperti air terjun, lho. Poin yang harus diwarnai adalah batu, air, capung, dan rumput. Dijamin si kecil akan mudah mewarnai dan tidak bosan di tengah jalan karena sedikit yang harus diwarnainya.

8. Rumah gambar kartun yang cantik

rumah kartun

Jika si kecil mulai terbiasa mewarnai, Anda bisa mulai menaikkan tingkatnya, lho. Pilihlah gambar yang dirasa lumayan rumit, tapi tidak sangat rumit. Ada awan, pohon, matahari, rumah, burung, dan jalanan yang harus diwarnai. Apabila Anda bisa menggambar, gambarlah menggunakan spidol untuk diwarnai oleh anak.

9. Jembatan di atas sungai

sketsa sungai

Gambar yang lumayan rumit untuk diwarnai si kecil adalah pemandangan gunung dan jembatan. Ada gunung, pohon, rumput, jembatan, batu, dan air yang harus diwarnai oleh anak. Bantu anak ketika dia merasa kesulitan atau bingung dalam memberi warna.

10. Pemandangan bawah laut yang indah

pemandangan bawah laut

Si kecil suka hewan? Atau Anda ingin mengajar si kecil tentang hewan? Yuk, beri dia gambar yang berisi hewan laut, seperti kuda laut dan ikan. Gambar ini juga tidak sulit untuk diwarnai, lho. Si kecil hanya perlu memberi warna pada batu, air, rumput, dan hewan laut tersebut.

11. Perahu di lautan

kapal di laut

Gambar sederhana yang bisa Anda pilih untuk si kecil selanjutnya adalah pemandangan perahu di laut. Si kecil hanya mewarnai bagian kapal, air, matahari, dan awan. Anda bisa membantu si kecil saat mewarnai bagian awan atau perahu.

12. Burung di atas pohon

burung di atas pohon

Anda bisa memilih gambar pemandangan burung di atas pohon untuk diwarnai si kecil. Gambar ini cocok bagi anak yang baru belajar mewarnai. Anda bisa membantunya saat memberi warna pada ranting pohon. Selain itu, bantu juga si kecil mewarnai matahari, burung, dan awan.

perahu sampan

Bisa dibilang gambar ini susah-susah gampang untuk diwarnai oleh si kecil. Oleh karena itu, Anda bisa membantunya untuk memberi warna pada air, perahu, batu, gunung, dan pohon. Bantu anak saat memberi warna pada daun yang kecil-kecil.

Itulah beberapa contoh gambar pemandangan untuk mewarnai yang bisa Anda unduh untuk si kecil . Anda juga bisa melihat gambar pemandangan yang lebih lengkap di situs mewarnai.id. Bisa memilih format JPG, PNG, maupun PDF.

Sudahkah Anda menentukan gambar mana yang ingin diberikan pada anak-anak? Jangan lupa share ke yang lain biar pada tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Pendapat Anda?