14 Permainan Kreatif Untuk Mengenalkan Angka Pada Anak Usia Dini

Tidak terasa anak-anak mulai bertumbuh dan berkembang dengan cepat. Sebagai orang tua, Anda juga harus memenuhi segala kebutuhannya. Salah satunya adalah kebutuhan ilmu pengetahuan. Anak-anak yang umurnya sekitar 2-4 tahun sudah bisa diajari tentang angka-angka. Hal ini dikarenakan untuk memudahkan anak saat masuk ke TK nantinya.

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajar anak dalam mengenal angka. Anda bisa menyesuaikan dengan minat anak. Karena tidak semua anak bisa belajar dengan metode yang sama. Berikut ini cara mudah dan mengasyikan untuk mengajar anak tentang angka yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan ranting kayu

belajar mengenal angka 1

Gunakan ranting kayu untuk mengajarkan si kecil tentang angka juga bisa, lho. Anda bisa mengikatnya dengan tali jika sudah banyak agar tidak berceceran. Gunakan kertas untuk menulis angka di samping ranting.

2. Mengelompokkan di dalam kotak

belajar mengenal angka 2

Ajarkan si kecil untuk mengelompokkan atau menaruh benda sesuai jumlah yang tertulis di dalam kotak. Anda bisa memanfaatkan jalanan atau pekarangan untuk bermain bersama si kecil. Gunakan juga benda atau mainan kesayangannya untuk menaruhnya di dalam kotak.

3. Permainan menggiring bola

belajar mengenal angka 3

Buat si kecil belajar bersama teman-temannya mengenal angka dengan mengajaknya bermain bola. Anda bisa membuat susunan angka di lantai dan menyuruh anak untuk menggiring bola di nomor yang diinginkan.

4. Bermain dengan kardus

belajar mengenal angka 4

Gunakan bola kecil warna-warni dan gunakan kardus bekas untuk mengajari si kecil mengenal angka. Anda juga bisa menggunakan kapas yang dicelup dengan pewarna. Warna-warni bisa membuatnya lebih bersemangat belajar. Atau Anda bisa menggunakan permen atau plastisin untuk membuat si kecil tertarik belajar.

5. Bermain dengan cat warna

belajar mengenal angka 5

Jika si kecil suka mewarnai, gunakan cat warna untuk mengajarkannya mengenal angka juga bisa, lho. Anda bisa menggunakan gambar yang menarik dan ditulisi dengan angka. Kemudian ajarkan si kecil untuk mewarnai atau mencelupkan tangan di cat warna pada kertas tersebut.

6. Berhitung menggunakan gambar es krim

belajar mengenal angka 6

Si kecil suka es krim? Yuk, ajarkan angka dengan menaruh warna di atas cone es krim. Anda juga bisa mengajarkan si kecil untuk mengenal warna. Gunakan satu warna pada satu angka atau cone es krim agar terlihat menarik dipandang.

7. Buku tulis bekas juga bisa digunakan

belajar mengenal angka 7

Ajarkan angka kepada si kecil dengan menggunakan buku tulis. Anda bisa menggambar lingkaran dan menuliskan angka. Lalu, suruh si kecil untuk menaruh stiker atau tempelan bulat yang bervariasi di dalam lingkaran sesuai dengan angka yang ditulis.

8. Gunakan bahan dari alam sekitar

belajar mengenal angka 8

Ingin mengajarkan si kecil dengan memanfaatkan bahan alam? Gunakan daun saja. Agar terlihat lebih menarik dan asyik untuk si kecil, Anda bisa menggunakan kardus atau kertas. Nantinya tuliskan angka di sana dan suruh si kecil untuk memasukkan daun ke dalam tali. Selain belajar angka, si kecil huga bisa belajar untuk lebih kreatif, lho.

9. Menggunakan ranting pohon

belajar mengenal angka 9

Yuk, ajarkan si kecil untuk mengenal angka dan bahasa inggris dengan menggunakan ranting kayu. Anda bisa membuat kotak berisikan angka lalu di bawahnya tertulis bahasa Inggris. Buat si kecil untuk menaruh ranting di samping angka.

10. Kertas warna-warni

belajar mengenal angka 10

Mengajarkan si kecil dengan kertas karton warna-warni berisi angka juga akan menyenangkan, lho. Anda bisa menggunakan jepit jemuran yang kayu untuk digunakan si kecil. Bantu si kecil untuk menjepit kertas karton yang berisi angka dengan jepitan sesuai angka tersebut.

11. Berhitung menggunakan hulahop

belajar mengenal angka 11

Si kecil suka bermain hulahop? Gunakan hulahop untuk mengajarkan si kecil mengenal angka, yuk. Caranya adalah dengan membentangkan semua hulahop dan di tengah lingkaran tulis angka. Suruh si kecil menaruh benda di atasnya sesuai angka. Atau bisa juga mengajaknya bermain dengan melemparkan benda sesuai junlahnya.

12. Belajar mengenal angka dengan jepitan jemuran baju

belajar mengenal angka 9 1

Ingin mengajar anak berhitung? Anda bisa mengggunakan jepit jemuran dan stik sebagai tempat untuk menjepit. Tulislah angka di atas kertas dan suruh si kecil untuk menjepit sesuai angka. Secara tidak langsung anak-anak bisa belajar untuk menjumlahkan angka.

11. Memanfaatkan mainan anak untuk belajar angka

belajar mengenal angka 13

Manfaatkan mainan si kecil yang berwarna-warni juga bisa, lho. Hal ini membantu si kecil agar tidak bosan saat mengelompokkan benda ke dalam lingkaran berisi angka.

14. Belajar menggambar angka kreatif

belajar mengenal angka 14

Si kecil suka menggambar? Yuk, ajarkan si kecil menggambar angka menggunakan kuas. Anda bisa melakukanya di jalan samping rumah yang pastinya aman. Atau cari tempat atau dinding yang bisa dicoret oleh si kecil.

Itulah 14 cara mudah untuk mengajarkan si kecil mengenal angka dengan kratif. Anda bisa mencari cara yang sesuai dengan si kecil di atas. Jadi, cara manakah yang ingin Anda ajarkan pada anak agar tidak bosan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pendapat Anda?