SukaSuka

15 Inspirasi Kerajinan Origami Hewan dan Tumbuhan untuk Tingkatkan Kreativitas Anak

Inspirasi kali ini kembali hadir bagi kamu para orang tua yang ingin meningkatkan kreativitas untuk anak. Sejatinya, otak manusia terdiri dari otak kiri dan kanan yang masing-masing sisi memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Usia dini jadi saat yang tepat untuk melatih kedua sisi otak anak agar dapat bekerja secara seimbang saat dibutuhkan. Seperti yang banyak diketahui, otak kiri berfungsi untuk mengerjakan tugas-tugas yang sifatnya logis, memikirkan hal-hal matematis yang berhubungan dengan logika, angka, dan analitis.

Sedangkan otak kanan merupakan bagian otak yang memproses kreativitas untuk berimajinasi, berpikir tentang seni, dan sesuatu yang ekspresif. Karena itu, selain memberi inspirasi untuk melatih anak dalam belajar hal-hal yang berkaitan akademik di artikel sebelumnya, kali ini ada referensinya bagi para orang tua yang ingin melatih kreativitas dan mengasah otak kanan anak, berikut inspirasinya.

1. Burung hantu

burung hantu

Pembuatannya cukup mudah, menggunakan selembar kertas warna sesuai pilihan, kemudian tinggal dibentuk dengan pola telapak tangan yang di kedua sisi kanan dan kiri diberikan variasi bulu buatan untuk menciptakan kesan burung hantu yang asli, jangan lupa penambahan bagian mata, hidung, dan telinga.

2. Burung penuh warna

burung

Kalau membuat bentuk burung asli dirasa sulit, coba buat dengan mengandalkan bentuk dasar lingkaran dan setengah lingkaran. Bahkan untuk bagian paruh, sayap, dan ekor sekalipun, hasil akhirnya juga tak kalah bagus.

3. Kupu-kupu

kupukupu

Membuat kerajinan kupu-kupu dari ragam kertas warna pasti jadi hal yang menyenangkan bagi anak perempuan. Pembuatannya cukup mudah, gunting kertas warna menjadi bagian-bagian panjang, kemudian lipat kedua sisinya sampai bertemu dan rangkai untuk menjadi bagian sayap dari kerangka kupu-kupu yang sudah dibuat.

4. Kreasi landak

landak

Pembuatan gambar hewan satu ini lebih mudah lagi, hanya perlu membentuk bagian setengah lingkaran yang menggunakan kertas berwarna coklat dan bagian ujungnya diberi bentuk untuk bagian wajah. Perumpamaan duri yang dimiliki landak bisa dibuat dengan mudah hanya menggunakan kertas berwarna serupa yang digunting sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu dirangkai sampai seolah menjadi bagian duri.

5. Matahari penuh warna

matahari berwarna

Metode bagian luar lingkaran matahari sama dengan yang dibuat untuk bagian ekor kupu-kupu di kreasi sebelumnya, gunakan warna sesuai pilihan anak, kemudian tinggal ditempelkan pada bagian wajah matahari yang sudah dilengkapi dengan perumpamaan bagian mata dan mulut yang ceria.

6. Burung merak

merak

Merak memang menjadi burung yang selalu mencuri perhatian karena keberadaan ekornya yang cantik, metode yang sama juga bisa dipilih untuk membuat kerajinan origami berbentuk burung merak. Semakin banyak variasi warna yang dipilih, semakin bagus pula hasil akhirnya.

7. Gurita

octopus

Inspirasi bagi anak yang mungkin ingin membuat hewan laut, yakni gurita. Hanya membutuhkan selembar kertas warna sesuai pilihan, buat pola di kedua sisi yang satunya dijadikan sebagai kepala gurita, dan sisi lainnya dibuat pola untuk menjadi tentakel, gunting sisi yang ingin dijadikan tentakel dan ‘asah’ sekali dengan sisi gunting, maka kertas bagian tentakel tersebut akan langsung berbentuk seperti pada gambar di atas.

8. Siput

siput

Tidak kalah mudah, bagian cangkang siput yang penuh warna bisa dibuat dengan kertas warna yang digunting berbentuk panjang dan tipis. Selanjutnya, gulung kertas-kertas tersebut dengan besaran yang bervariasi lalu tempelkan pada rangka cangkang siput yang sudah dibuat.

9. Origami ular

ular

Biasanya digemari anak lelaki, kerajinan ular ini dibuat dengan membagi dua bagian kertas origami berbentuk persegi, ulangi sampai beberapa bagian sesuai dengan seberapa panjang ular yang ingin dibuat, rekatkan tiap sisi kertas setiap menyambungkan masing-masing bagian agar terhubung dan akhirnya membentuk badan ular yang panjang.

10. Bunga pom-pom ungu

bunga ungu

Terlihat cantik dan seperti rumit dibuat, padahal pembuatan bunga satu ini sangat mudah, cukup lipat kedua sisi kertas origami berwarna ungu, kemudian gunting hampir sepanjang sisi kertas warna. Tapi yang perlu diingat, jangan menggunting sampai bagian ujung, sisakan sedikit bagian sehingga kertas tetap terhubung. Kalau sudah, pertemukan kedua sisi kertas warna sehingga polanya membentuk kelopak bunga yang melingkar.

11. Bunga pom-pom merah muda

bunga merah muda

Hal yang sama seperti bunga berwarna ungu sebelumnya, kali ini bisa ditambahkan variasi berupa penambahan ilustrasi kepala sari dari bunga di bagian dalam, hanya perlu menambahkan rangkaian kertas warna yang digunting berbentuk persegi panjang dan lebih pendek untuk bagian dalamnya.

12. Bunga pom-pom putih dan kuning

bunga sederhana

Pada gambar kali ini dibuat lebih jelas cara pembuatan bagi kamu yang mungkin belum memahami langkah-langkahnya, sebagai variasi warna lain, bisa disertakan varian inti bunga berwarna kuning di bagian tengah.

13. Bunga variasi pola lingkaran

bunga setengah lingkaran lipat

Kalau ingin mencoba pola dan bentuk bunga yang berbeda, coba buat pola dengan membentuk setengah lingkaran dari setiap kertas warna dengan berbagai ukuran. Kemudian, kedua sisinya disatukan sehigga membentuk kelopak bunga yang seolah setengah tertutup, selanjutnya tinggal dirangkai sesuai dengan ukuran bunga yang diinginkan.

14. Bunga dan rumput

rangkaian bunga

Variasi lain yang bisa dicoba, cara sebelumnya yang digunakan untuk membuat kelopak bunga kali ini dibuat untuk bagian rumput nan hijau. Sedangkan untuk bagian bunga sendiri bisa dibuat dengan cara umum nan sederhana menggunakan pola yang tinggal di gunting dan selanjutnya ditempelkan pada bagian rerumputan.

15. Origami putri dongeng

putri dongeng

Tidak hanya hewan dan tumbuhan, inspirasi lain bagi kamu yang memiliki anak perempuan dan ingin membuat kerajinan yang akan digemari, coba ajak membuat origami berkarakter putri dongeng favoritnya. Tidak hanya mendapat keseruan saat membuat, kerajinan putri tersebut nantinya bisa dipakai untuk bermain.

Itu dia ragam inspirasi kreasi dari origami yang bisa coba dibuat bersama anak untuk melatih sisi kreativitasnya, ada yang pernah kamu coba?

Loading…

0

Pendapat Anda?