Menu

16 Trend Curved Sofa, Menjadikan Dekorasi Ruang Tamu Semakin Istimewa

Sofa adalah satu furniture yang paling penting di setiap rumah, terutama di ruang tamu dan ruang keluarga. Bangku sofa merupakan tempat dimana kita duduk dan menghabiskan waktu bersama maupun menikmati waktu sendiri.

Karena kita menghabiskan banyak waktu di sofa, maka kenyamanan sangatlah penting. Sobat harus meletakkan nilai ini di atas estetika, meski tampilan juga penting bagi keindahan ruangan.

Apakah kamu tahu bahwa sofa sendiri sudah ada banyak jenisnya? Dalam memilih sofa, kenali bentuk, bahan dan fungsinya sesuai kebutuhan. Pengklasifikasian sofa dibedakan atas dasar bentuk dan fungsi sofa.

Sectional sofa

Sectional sofa adalah jenis sofa yang digabungkan dengan sofa lain, bisa dibilang kombinasi dari beberapa sofa yang disatukan untuk menciptakan penataan tempat duduk ruang tamu terbaik, biasanya 3-5 pieces.

Ukuran sofa yang dibuat harus pas dengan ruang tamu karena semakin besar keluarga, akan lebih banyak sofa yang sobat butuhkan. Bentuk yang terkenal adalah L-shape dan U-shape.

The Classic Round Arm Sofa

Model sofa ini mempunyai lengan dengan bulat klasik dan kadang juga dinamakan “grandma’s couch” yang berarti sofa tersebut adalah sofa klasik yang bisa bertahan sangat lama, bahkan sampai bertahun-tahun.

Pada jaman dulu, sofa ini akan disertai dengan sarung atau pelapis bunga atau bermotif. Saat ini, hampir semua memakai linen putih dan fabric neutral yang membuat sofa jenis ini terlihat mahal.

Lawson Style

Awalnya sofa lawson dibuat khusus untuk seorang ahli keuangan bernama Thomas Lawson saat menuju pergantian abad ke-20. Sofa lawson memiliki konstruksi yang sederhana dan desain yang modern seperti keinginan Thomas Lawson yang pada saat itu tengan jenuh dengan sofa bergaya Victoria yang penuh hiasan.

Lawson style dirancang untuk kenyamanan dengan bentuk yang tegas, berisi dan kokoh. Biasanya terdiri dari tiga dudukan (3-seater) dengan bantal punggung untuk masing-masing dudukan.

Bagian lengan atau armrest lebih rendah dari sandaraan atau backrest dengan bentuk melingkar maupun persegi.

Lawson terus menjadi desain sofa yang populer saat ini karena mempunyai karakter kasual, khas gaya desain American style dan Lawson style sangat mengedepankan kenyamanan. Kamu dapat membeli sofa gaya Lawson dalam berbagai ukuran, warna, dan bahan.

Loveseat

Loveseat didefinisikan oleh punggung lurus dan ruang bagi dua orang untuk duduk dengan nyaman.

Itu bisa masuk ke sudut terlalu sempit untuk sofa ukuran penuh atau membuat sketsa tempat duduk yang nyaman di denah lantai terbuka ketika dipasangkan dengan meja samping atau kursi.

Cabriole

Cabriole terkenal pada awal abad ke-18, pada zaman Louis XV. Cabriole mempunyai karakteristik yang merepresentasikan ruangan keluarga bergaya Perancis dan menampilkan kesan formal dan cantik.

Sofa bingkai kayu

Sofa ditandai dengan bingkai kayu terbuka (sering diukir) punggung dengan lengan bersambung, sama tingginya, kaki melengkung khas dengan bagian bawah cekung dan bagian atas cembung, dan tidak ada bantal belakang yang terpisah.

Sofa Bed

Seperti namanya, sofa bed adalah sofa dan tempat tidur yang jadi satu . Sofa ini memiliki fungsi ganda. Selain sebagai tempat duduk, sofa ini juga dapat dibentangkan sehingga menjadi sebuat tempat tidur yang dapat digunakan untuk tidur.

Sofa bed cantik

Sofa bed sendiri mempunyai ciri khas yang padat, biasanya memperlihatkan jahitan-jahitan kecil, bagian lengan terlihat seperti tersembunyi. Tampilannya juga halus dan lembut dengan bantalan-bantalan yang royal. Sering juga dilengkapi dengan roda.

Sofa bed mempunyai karakter bergaya country khas british tahun 1900-an. Jenis sofa ini cocok untuk bersantai dan yang mengutamakan kenyamanan.

Camelback

Camelback berbentuk ramping dengan lengkungan menjulang pada bagian tengah sandarannya.

Lengkungan khas ini yang menyerupai punggung unta, sesuai namanya, Camelback. Lengan setinggi sandaran punggung dengan ujung persegi dan bagian kaki terekspos serta tidak memiliki bantal punggung.

Comebalk

Sofa camelback adalah pilihan yang tepat bagi sobat yang menggemari gaya tradisional dan dapat menciptakan tampilan elegan di rumah manapun.

Chester

Awalnya sofa ini didesain untuk postur duduk yang baik bagi kaum pria agar baju yang dikenakannya tidak kusut. Elegan dan maskulin adalah karakter utama sofa bergaya abad ke-19 ini.

Chesterfield

Chesterfield mempunyai bentuk panjang dan tebal, dengan kancing yang dalam di bagian belakang, dan sering terbuat dari kulit.

Ciri lain Chesterfield adalah dengan lengan sofa digulung, dan tingginya sama dengan punggung sofa. Ini adalah jenis sofa yang biasanya akan sobat temukan di tempat tempat yang mewah atau yang bergaya klasik.

Sofa Tuxedo

Sofa tuxedo dibuat terkenal oleh desainer interior Billy Baldwin. Yang membedakan tuksedo ini dari gaya yang lain adalah bentuknya yang kotak.

Tangannya hampir selalu sama tinggi dengan punggungnya dan kakinya berlapis atau terbuka. Sofa itu bersih dan berjajar geometris, dan sering dilapisi kain.

Glamor dan sleek. Tegas tapi tetap detail dalam gaya. Sofa ini juga selera actor Billy Baldwin, Jackie O dan kolumnis majalah fashion legendaris Diana Vreeland.

Chaise

Chaise berasal dari istilah chaise lounge, yang berarti kursi panjang. Kursi ini untuk satu orang. Kursi ini dimaksudkan untuk bersandar sebagai kursi dan bangku kaki dalam satu kursi.

Chaises selalu memiliki punggung dan mungkin memiliki satu, dua atau tanpa lengan. Beberapa chaises berkontur, membuat terlihat lebih enak untuk berbaring dan bersantai.

English Rolled Arm

Jenis sofa yang satu ini memiliki ciri khas yang padat dan biasanya memperlihatkan jahitan-jahitan kecil, bagian lengan terlihat seperti tersembunyi. Tampilannya halus dan lembut dengan bantalan-bantalan yang royal. Sering juga dilengkapi dengan roda.

Sofa English rolled arm ini bergaya country khas british tahun 1900-an. Sofa ini sangat cocok untuk santai karena jenis sofa ini mengutamakan kenyamana bersandar.

Sofa kedut

Jika Sobat hendak memilih sofa jangan lupa untuk menentukan dulu akan sobat taruh dimana sofa tersebut. Apakah di ruang tamu, di ruang keluarga, atau justru di luar ruangan. Karena tempat untuk meletakkan sofa tersebut akan menentukan desain sofa, ukuran dan material sofa yang dipakai.

Dan yang tidak kalah penting yang harus dipertimbangkan adalah menentukan fungsi sofa itu sendiri apakah untuk menyambut tamu ataukah untuk bersantai bersama keluarga. 

Sofa cantik

Pastikan juga sofa yang sobat pilih dapat digunakan untuk waktu yang lama. Setidaknya tidak rusak hanya dalam beberapa tahun. Karena sangat penting untuk menentukan jenis sofa dengan kualitas yang baik.

Leave a Reply

Exit mobile version