15 Ide Kreasi Palet Kayu untuk Rak Tanaman di Taman, Dijamin Curi Perhatian

Inspirasi kali ini datang untuk kamu yang punya lahan taman lumayan luas di rumah, tapi masih bingung mengkreasikan tata letak ragam tanaman yang dimiliki supaya terlihat menarik dan anti-mainstream.

Umumnya, penempatan ragam pot tanaman yang sering dijumpai pasti menggunakan pot susun berangka besi yang bisa dengan mudah dijumpai di toko berkebun. Terlihat membosankan, sudah mencoba berkreasi dengan palet kayu? Tidak selalu membutuhkan material kayu baru, kayu bekas yang ada di sekitar rumah sekalipun bahkan bisa dimanfaatkan.

Selain untuk menyimpan tanaman hias, palet kayu ini nantinya juga bisa dirancang sekaligus sebagai area penyimpanan peralatan berkebun, surga bagi para pemilik rumah yang memiliki hobi berkebun dan menghias taman menjadi sudut yang cantik. Penasaran seperti apa tampilannya? Berikut deretan inspirasi yang bisa dicoba.

1. Rumah tanaman hias

rumah tanaman

Bukan cuma kita sebagai manusia yang butuh tempat tinggal atau rumah, perlakuan yang sama bisa juga dipakai sebagai konsep dalam membuat sudut untuk menempatkan beragam tanaman hias yang dimiliki. Dengan membuat bangunan berupa sekat dinding pada sudut tertentu pojok area taman, penambahan atap minimalis membuat area ini bisa sekaligus menjadi spot yang bagus sebagai latar untuk berfoto, lumayan kan?

2. Meja berkebun

penyimpanan alat kebun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan palet kayu bisa juga dimanfaatkan dalam merancang area penyimpanan ‘alat tempur’ bagi pemilik rumah dengan hobi berkebun. Pada bagian-bagian tertentu bagian meja kayu ini, bisa digunakan untuk menyimpan stok pot mini yang belum terpakai, dan bakal calon tanaman yang akan dieksekusi untuk menjadi tanaman hias nantinya.

3. Palet kayu praktis

palet pot gantung estetik

Kenapa dikatakan praktis? Karena kalau dilihat, palet kayu model ini tidak dibuat secara permanen dengan cara ditanam pada area tanah atau dibangun pada sudut dinding tertentu, kalau kamu sebagai pemilik rumah sesekali bosan dan ingin mengubah tata letak taman, palet kayu yang sudah disertakan beberapa pot tanaman ini bisa dengan mudah dipindahkan secara langsung tanpa perlu melepas tanaman potnya satu per satu.

4. Meja berkebun ala vintage

penyimpanan alat kebun lain

Dengan memanfaatkan kayu bekas yang dimiliki, kesan vintage semakin terasa karena tampilan kayu yang seakan sudah berusia cukup lama, tapi tetap terlihat bagus dan menarik untuk dipandang dengan penempatan dan konsep taman yang tepat.

5. Palet kayu tanaman vertikal

palet media tanam

Penggunaan palet kayu juga bisa sangat bermanfaat apabila kamu ingin merangkai tanaman hias tanpa banyak menggunakan pot seperti pada umumnya, konsep vertical garden bisa dengan mudah terealisasi dengan bantuan palet kayu ini, apalagi kalau tanaman hias yang digunakan memiliki tampilan warna dan bunga yang bervariasi, dijamin semakin cantik!

6. Meja berkebun nuansa alam

sudut tanaman hias

Meja berkebun kali ini hadir dengan konsep alam yang lebih terasa, aksen kayu yang kental ditambah tanaman merambat di setiap dinding dan langit-langit pojok meja berkebun yang dibuat, rangkaian pot yang disusun sedemikian rupa juga bisa menjadi daya tarik bagi siapapun yang melihat.

7. Tanaman vertikal penuh bunga

pojok tanaman hias

Palet kayu untuk tanaman vertikal kali ini diisi dengan tanaman hias yang memiliki bunga dengan warna cerah, cocok ditempatkan di sisi dinding tertentu dari area taman. Jangan ragu untuk mengkombinasikan tanaman dengan warna bunga yang bertolak belakang sekalipun, dijamin menarik karena terlihat penuh warna.

8. Palet kayu pot variasi

palet pot gantung warna

Kalau palet kayu sebelumnya lebih praktis dengan tampilan pot berwarna senada, palet kayu kali ini dibuat lebih pakem dan kaku dengan ditanamkan pada sudut taman tertentu, pot dan bunga dari tanaman hias yang bervariasi bisa membuat sudut satu ini menjadi penuh warna.

9. Rak gantung tanaman mini

rak tanaman gantung

Tidak harus selalu berupa palet kayu yang ditanam atau ditempatkan pada area tanah taman, kayu yang dibuat berupa rak gantung juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan tanaman hias dengan ukuran minimalis. Contohnya kalau kamu ingin membuat persis seperti gambar di atas, rak gantung tanaman tersebut sangat cocok apabila ditempatkan di dinding fasad depan rumah, lebih tepatnya di area jalan masuk menuju bagian dalam.

10. Palet tanaman hidroponik

rak tanaman bumbu dapur

Bukan hanya bisa sebagai media tanam untuk tanaman hias, siapa sangka kalau palet kayu ini bisa juga dimanfaatkan untuk menaman bahan makanan yang bisa dikonsumsi dengan pemeliharaan yang mudah, di antaranya daun mint, peterseli, basil, dan sejenisnya. Butuh bahan tertentu secara darurat saat memasak? Tinggal petik.

11. Palet kayu bertema

kreasi pot

Bertema yang dimaksud adalah dengan membuat palet kayu memiliki tampilan dengan warna dan konsep tertentu, tidak harus seperti gambar di atas, kamu bisa mengkreasikan sendiri tampilan palet kayu dengan warna yang kamu sukai atau inspirasi yang mungkin sudah dimiliki.

12. Rak kayu segitiga

rak pot tanaman segitiga

Yang satu ini lumayan umum dijumpai, namun tidak ada salahnya untuk dicoba karena nyatanya tampilan yang dimiliki memang cukup menarik perhatian. Berbentuk segitiga dengan lahan yang semakin kecil pada puncaknya, penempatan dan kombinasi ragam tanaman hias yang pas dan bervariatif bisa membuat rak susun ini jadi salah satu penghias sudut taman yang tak kalah cantik.

13. Dinding pot mangkuk

rak pot mangkuk

Terlihat beda dari biasa, kayu yang digunakan bukan berbentuk palet melainkan dinding bercorak motif zebra. Keunikan tidak cukup sampai di situ, pot yang dibuat menyatu dengan dinding kayu ini juga memiliki bentuk unik nan anti-mainstream, yaitu berupa mangkuk yang jarang ditemui, apabila di rasa sulit menemukan dinding kayu ini dalam bentuk jadi, jangan ragu meminta jasa tukang hias taman untuk membuat media tanam dengan bentuk serupa.

14. Pot kayu kotak letter L

pot kayu letter L

Media tanam tanaman hias satu ini cocok ditempatkan pada sudut area taman agar lahan bisa terpakai secara maksimal, dibanding menempatkan pot yang umumnya berbentuk bulat dan menyisakan sedikit lahan saat ditempatkan, media tanam seperti ini jelas bisa menjadi solusi terbaik sekaligus memberikan tampilan lebih rapih.

15. Rak tanaman hidroponik

rak tanaman hidroponik berwarna

Kalau tanaman hidroponik sebelumnya dibuat dengan model menggantung, kali ini media tanam yang dipakai dibuat lebih luas dengan memanfaatkan pot kayu yang dibuat berbentuk kotak, sehingga bisa dengan mudah dirangkai layaknya rak seperti penyimpanan barang, bercocok tanam tanaman hidroponik pun bisa semakin mudah dan leluasa.

Itu dia inspirasi ragam bentuk dan desain palet kayu yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis tanaman, mulai dari tanaman hias biasa, tanaman hias dengan bunga yang bervariasi, sampai tanaman hidpronik dengan tingkat pemeliharaan yang mudah namun tetap bisa mempercantik tampilan rumah kamu. Inpirasi mana yang bakal langsung kamu terapkan di rumah?  

Loading…

0

Pendapat Anda?