15 Ide Kreasi Perabotan Rumah dari Kayu, Ada yang Bisa Dibuat Sendiri

Furniture atau perabotan jadi bagian yang tidak kalah penting dalam mengisi rumah, berbagai kebutuhan dan aktivitas yang terjadi di dalam rumah bisa dibilang tidak akan berjalan dengan lancar kalau tidak ada perabotan yang mendukung, baik sebagai alat bantu seperti perkakas atau benda pakai layaknya kursi, lemari, dan masih banyak lagi.

Menariknya, saat ini sebagian besar perabotan yang dimiliki oleh para pemilik rumah kebanyakan masih berbahan dasar kayu. Walau sudah banyak dijumpai perabotan berbahan dasar lain seperti plastik, stainless, bahkan besi, faktanya selalu ada perabotan berbahan dasar kayu yang pasti ditemui di setiap rumah.

Bukan tanpa alasan, banyak hal yang menjadikan kayu tetap menjadi material favorit dalam pembuatan perabotan, selain karena daya tahan yang lama dan kuat apabila menggunakan kayu berkualitas tinggi, teknik yang tepat dalam pembuatan perabotan berbahan kayu bisa memiliki hasil akhir yang memuaskan sekaligus bernilai lebih dari segi tampilan.

Selain itu, membuat perabotan berbahan dasar kayu juga bisa dilakukan menggunakan material sisa yang dimiliki saat membuat perabotan utama sebelumnya. Biasanya, barang yang dibuat dengan material sisa justru bisa menghasilkan perabotan yang multifungsi, terlebih apabila dibuat oleh mereka yang memang mempunyai sisi kreativitas tinggi.

Perabotan istimewa nan bermanfaat apa aja yang bisa dibuat dengan bahan dasar kayu sekalipun berupa material sisa? Berikut kreasi yang mungkin bisa kamu coba buat di rumah.

1. Lemari baju sederhana

lemari baju

Dibuat menyatu dengan dinding, penggunaan kayu seadanya membuat lemari ini punya tampilan terbuka yang bisa memudahkan pemiliknya dalam memilih pakaian yang ingin digunakan. Walau begitu, tetap dibuat sebagian kecil area tertutup yang bisa digunakan untuk menyimpan barang yang bersifat pribadi.

2. Meja produktif bersama

lemari kerja kayu

Bagi kamu yang memiliki anggota keluarga aktif saat bekerja dari rumah, sekaligus kebutuhan untuk belajar di saat-saat tertentu yang perlu dilakukan anak-anak, meja belajar luas berbahan kayu ini bisa menjadi pilihan. Tidak perlu lagi bergantian menggunakan meja saat diperlukan, aktivitas produktif layaknya bekerja dan belajar bisa dilakukan secara bersamaan.

3. Lemari penyimpanan multifungsi

lemari penyimpanan

Lemari kayu ini bersifat multifungsi karena bisa dipakai untuk menyimpan berbagai macam barang yang kamu miliki, mulai dari buku, produk kebersihan, kotak obat darurat, bahkan bisa juga dipakai untuk menggantung pakaian di bagian khusus yang sudah disediakan untuk mengaitkan gantungan. All in One!

4. Sudut siaga

sudut persiapan

Setiap rumah pasti punya bagian tertentu yang biasanya digunakan untuk bersiap saat mau beraktivitas di luar rumah. Umumnya terletak di dekat akses keluar masuk, siapa sangka kalau bagian ini juga bisa dilengkapi dengan perlengkapan yang mendukung, seperti gantungan tas, gantungan pakaian, rak sepatu, bahkan sampai tempat menyimpan helm.

5. Penyimpanan toilet

rak toilet

Rak gantung bisa jadi pilihan yang tepat buat menyimpan berbagai perlengkapan mandi milik seluruh anggota keluarga yang biasanya punya jenis perlengkapan mandi berbeda, tidak lupa juga ada area khusus yang dibuat untuk menyimpan stok tisu toilet yang mungkin dibutuhkan saat situasi darurat.

6. Gantungan cangkir unik

gantungan cangkir

Penyimpanan gelas atau cangkir di dalam lemari mungkin sedikit merepotkan apabila mau dipakai di saat-saat tertentu, terlebih kalau penempatan dalam lemari dilakukan berdempatan dengan bahan rentan pecah lainnya. Dengan penyimpanan kayu model ini, pemilik rumah hanya tinggal mengambil gelas atau cangkir yang ingin dipakai dengan satu gerakan sederhana, terbayang kan kemudahannya?

7. Wadah galon hemat tempat

tempat galon

Biasanya, penempatan galon bersamaan dengan dispenser berukuran lumayan besar yang membutuhkan tempat khusus. Apabila kamu termasuk pemilik rumah dengan lahan terbatas, ide ini bisa jadi pilihan karena penempatannya yang berada pada area dinding.

Kalau ingin membuat penyimpanan galon seperti gambar berikut, pastikan penopang dinding yang dibuat kokoh dan kuat ya!

8. Rak gantung sudut ruangan

rak dinding sudut

Sudut ruangan biasanya jadi sisi yang sulit dikreasikan dengan perabotan tertentu bagi beberapa orang, kesulitan tersebut bisa diatasi dengan ide rak gantung yang justru bisa dibuat dengan memakai material sisa yang dibentuk berupa potongan segitiga, sehingga bisa menyesuaikan dengan sudut ruangan. Bisa untuk menyimpan berbagai barang ringan seperti lilin aromaterapi atau reed diffuser yang tampilannya juga cocok sebagai hiasan.

9. Gantungan baju unik

gantungan baju

Berbeda dari bentuk gantungan baju pada umumnya, bagi kalian yang menerapkan tema earthy untuk desain rumah bisa semakin totalitas dengan gantungan baju berbahan kayu yang tentunya punya bentuk unik.

10. Sangkar lampu taman

kotak lampu

Punya area taman yang pasti terdapat lampu sebagai sumber penerangan? Kreasi satu ini wajib dicoba. Jangan cuma memasangkan lampu polos tanpa hiasan apapun, lampu biasa yang dipakaikan tempat khusus berbahan kayu seperti ini justru bisa jadi objek yang menarik perhatian bagi tamu yang berkunjung ke rumah.

11. Rak dinding estetik

rak dinding unik

Inspirasi kreasi lain yang bisa dipakai bagi kamu yang ingin menghias sudut ruangan. Tidak hanya sebatas rak dinding polos, penambahan kreasi berupa bingkai berbentuk belah ketupat pasti langsung menarik perhatian bagi siapapun yang melihatnya.

12. Rak sepatu dinding

rak sepatu

Solusi lain bagi kalian pemilik rumah berlahan terbatas tapi memiliki banyak barang yang sering dipakai seperti sepatu, pembuatan rak sepatu tidak selalu berbentuk lemari tertutup yang harus ditempatkan pada area lantai.

Kreasi rak dinding berbahan kayu seperti gambar di atas bisa menjadi pilihan, kalau kamu merasa bisa membuatnya sendiri, bahan kayu yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak dan bahkan bisa memanfaatkan material sisa.

13. Gantungan tanaman mini

rak tanaman mini

Hobi memelihara tanaman tapi kehabisan tempat buat menyimpan tanaman favorit? Kreasi penyimpanan satu ini solusinya, bisa digunakan untuk menampung tanaman berukuran kecil seperti kaktus yang perawatannya mudah, sehingga tidak dibutuhkan terlalu banyak pemindahan untuk perawatan rutin.

14. Rak gantung abstrak

hiasan sudut abstrak

Pilihan lain buat mengkreasikan rak gantung di sudut ruangan, punya material kayu sisa yang ukurannya berbeda? Jangan dibuang begitu saja, bisa jadi hiasan sudut rumah yang bernilai dengan tampilan yang estetik

15. Wadah aksesoris multifungsi

tempat aksesoris

Jangan biarkan meja rias terlihat penuh dengan barang-barang atau aksesoris yang ditempatkan secara acak, buatlah tempat seperti gambar di atas sehingga penyimpanan bisa menjadi lebih ringkas. Bisa untuk menyimpan ponsel, jam tangan, kaca mata, atau barang-barang lainnya, jadi terlihat lebih rapih.

Itu dia inspirasi perabotan rumah berbahan kayu yang bisa dijadikan referensi, ternyata selain sebagai penghias di beberapa sisi rumah tertentu, bisa juga menjadi solusi bagi kamu yang memiliki rumah dengan lahan terbatas ya. Ada di antara deretan kreasi kayu di atas yang sudah kamu punya atau coba buat?

Loading…

0

Pendapat Anda?