SukaSuka

Belajar Membaca, 16 Cara Mengajari Anak Mengenal Huruf Abjad yang Kreatif

Salah satu keterampilan penting yang harus diajarkan oleh guru dan orang tua untuk anak-anak adalah belajar membaca dan mengenalkan huruf abjad sejak usia dini. Setiap anak mempunyai kemampuan berbeda-beda dalam belajar. Oleh karena itu, cara mengajari huruf alfabet untuk anak haruslah dengan kreatif agar menyenangkan.

Anak-anak yang belajar di TK kelas B seharusnya sudah bisa membaca dengan baik, karena sebentar lagi mereka masuk kelas 1 SD. Untuk itulah, guru dan orang tua harus tahu metode yang kreatif dalam mengeajari anak-anak membaca.

Mengenal alfabet termasuk salah satu langkah penting dalam proses pembelajaran pada anak, terutama di usia TK dan SD kelas awal. Apalagi jika anak baru pertama kali mengenal huruf, guru dan orang tua sebaiknya membiasakan anaknya untuk mengetahui bentuk-bentuk huruf dan abjad.

Mengajari anak membaca bisa menggunakan berbagai macam mainan atau alat peraga yang dikombinasikan. Tidak harus peralatan dan permainan yang mahal, Anda bisa membuat sendiri alat-alat sederhana dari bahan alam, mainan anak ataupun barang-barang bekas.

Berikut kami share beberapa permainan kreatif untuk mengajari anak membaca dari bahan-bahan yang sederhana. Silahkan disimak, Anda bisa membuat permainan edukatif ini untuk belajar sambil bermain kepada anak-anak di TK maupun SD.

1. Belajar mengenal abjad menggunakan kertas bolu

belajar membaca dengan kreatif 1

guru atau orang tua dapat mengajak anaknya untuk merasakan keseruan saat belajar mengenal huruf. Hal tersebut dapat dibuat dengan menggunakan batu dan kertas untuk bolu atau kue kering. Tuliskan huruf abc pada batu dan kertas, kemudian suruh anak-anak untuk menempatkan abjad yang sama antara di batu dan kertas.

2. Belajar membaca menggunakan daun dan ranting

belajar membaca dengan kreatif 2

Permainan edukatif menggunakan bahan alam yang ada di sekitar memang sangat menyenangkan, anak akan bisa cepat dalam belajar membaca dengan metode ini. Alat ini bisa saja dilepas pasang dan juga disusun sesuai dengan kreasi yang Anda tentukan. Untuk paduan wana secara atraktif ditambah adanya dedaunan sebagai objek dan kertas warna sebagai alas. Minta anak untuk merangkai kata, mulai dari nama mereka hingga kata-kata lainnya sesuai yang Anda inginkan.

3. Belajar mengenal huruf menggunakan kertas warna-warni

belajar membaca dengan kreatif 3

Hampir mirip dengan metode yang ke dua, hanya saja ini menggunakan kertas warna-warni untuk ditempelkan. Anda bisa memilih menggunakan lem atau hanya sekedar diletakkan tanpa lem. Ketika anak tidak begitu paham dengan alfabet, permainan puzzle ini bisa saja dilakukan untuk mengenalkan huruf. Lama-kelamaan anak akan dapat menghafal susunan pada alfabet. Setelah itu, orang tua juga akan bisa mulai mengajari anak konsep belajar alfabet tersebut.

4. Mengenal alfabet menggunakan kancing

belajar membaca dengan kreatif 4

Jika orang tua mempunyai banyak kancing dirumah, maka bisa menjadi pilihan tepat. Kancing ini bisa saja digunakan untuk mengajari anak belajar membaca dan mengenal alfabet atau huruf abjad.

5. Menggunakan nampan dan karet

belajar membaca dengan kreatif 5

Nampan dan karet juga bisa digunakan untuk mengajar anak mengenal huruf abjad. Tempelkan huruf secara acak, minta anak untuk menarik garis anatar huruf yang sama. Alat yang berbentuk seperti mainan ini akan dapat memancing rasa tertarik pada anak. Orang tua dapat menaruhnya di kamar anak dan dapat membiarkan anak  terus berkreasi dengan menggunakan alat permainan sederhana ini.

6. Membuat mozaik menggunakan gambar huruf

belajar membaca dengan kreatif 6

Alat peraga untuk mengajar membaca anak-anak selanjutnya adalah menempelkan sesuatu di gambar huruf. Cara ini seperti mewarnai, hanya saja tidak menggunakan krayon, melainkan dengan menempelkan sesuatu di cetakan huruf. Anda bisa mendownload gambar huruf di Mewarnai.id, yang kemudian bisa Anda cetak untuk diberikan kepada anak-anak

7. Menggunakan rol tisu bekas dan bola warna-warni

belajar membaca dengan kreatif 7

Bola berwarna merupakan mainan yang disukai anak-anak. Anda bisa memadukan rol tisu dan bola warna-warni sebagai permainan edukatif untuk mengajari anak-anak membaca. Alat peraga sederhana ini dapat menjadi pilihan tepat untuk anak karena akan lebih mufah dihapal.

8. Belajar membaca menggunakan kertas, batu dan playdoh

belajar membaca dengan kreatif 8

Siapkan playdoh dan batu yang sudah ditulisi huruf abjad menggunakan spidol, tempatkan di sebuah keranjang atau semisalnya agar tidak berserakan. Berikan perintah kepada anak-anak melalui secarik kertas, misal menyusun kata menggunakan batu dan playdoh sesuai dengan tulisan yang tertera di kertas.

9. Belajar mengenal huruf menggunakan cangkir

belajar membaca dengan kreatif 9

Cangkir dikenal sebagai wadah untuk minum. Namun, para orang tua atau guru dapat menggunakan alat ini untuk metode pengenalan huruf alfabet yang kreatif kepada anak-anak.

10. Flashcard alfabet menggunakan batu

belajar membaca dengan kreatif 10

Flashcard umumnya menggunakan kertas yang di tempelkan, namun Anda bisa menggantinya dengan batu. Sebagai landasannya, Anda bisa menuliskan huruf-huruf alfabet pada kertas HVS. Setelah itu anak-anak diminta untuk meletakkan batu yang bertuliskan huruf abjad sesuai dengan kotak yang ada di kertas.

11. Pom pom education

belajar membaca dengan kreatif 11

Pom-pom biasa dikenal untuk  bermain anak, ternyata bisa dijadikan sebagai alat dalam mengajarkan alfabet. Pom-pom nantinya bisa disusun pada tulisan alpabet yang sudah ada dikertas.

12. Menempel kertas warna di huruf

belajar membaca dengan kreatif 12

Lembaran-lembaran kertas yang biasanya sering dibuang ternyata bisa dibuat untuk mengenalkan huruf pada anak. Suruh anak untuk menmpelkan potongan-potongan kertas di huruf yang tercetak pada kertas HVS.

13. Stick puzzle huruf abcd

belajar membaca dengan kreatif 13

Setiap anak pasti sudah mengenal yang namanya stik es krim. Hal ini bisa digunakan para guru dan orang tua untuk mengajari anak membaca. Stik ini nantinya akan ditulis berbagai macam huruf, lalu disusun sampai hurufnya bisa menyatu.

14. Puzzle alfabet menggunakan paper plate

belajar membaca dengan kreatif 14

Dalam melatih keterampilan kognitif pada anak, orang tua bisa menggunakan paper plate untuk membuat permainan puzzle huruf. Dalam perkembangan motorik pada anak orang tua dapat melatih aspek kognitif. Baik itu, dari kemampuan dalam mengingat sampai dengan kemampuan untuk memecahkan masalah.

15. Mewarnai huruf menggunakan cotton bud

belajar membaca dengan kreatif 15

Jika seorang anak memiliki kemampuan dalam mewarnai gambar, ini bisa disandingi dengan belajar huruf. Jadi orang tua tinggal mengkombinasikan saja antara mewarnai dengan mengenal abjad. Gunakan cotton bud dan pewarna cair untuk mewarnai huruf di kertas, anak-anak pasti suka.

16. Belajar membaca menggunakan tutup botol

belajar membaca dengan kreatif 16

Tutup botol plastik dari air mineral juga ternyata bisa digunakan untuk mengenalkan alfabet kepada anak-anak. Jika sudah mengenal alfabet dengan baik, tentunya anak-anak juga akan bisa belajar membaca dengan baik juga.

Demikianlah informasi mengenai cara mengajari anak belajar membaca yang dapat dijadikan referensi untuk para orang tua dan guru. Semoga informasi ini lebih membawa manfaat untuk semua yang sudah membacanya.

Loading…

0

Pendapat Anda?