Berikut 20 Resep Kue yang Buatnya Dikukus Homemade

Santai di rumah atau kumpul bersama teman-teman dan keluarga rasanya kurang lengkap jika belum ada camilan. Gorengan atau camilan instan kerap jadi pilihan, padahal jika terlalu sering dikonsumsi akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Ada banyak camilan yang dibuat dengan cara dikukus jadi lebih aman untuk kesehatan tubuh karena bebas dari lemak tambahan dalam proses memasaknya. Ya mengukus merupakan salah satu cara mengolah makanan melalui pemanasan menggunakan uap air dalam wadah tertutup.

Jika kamu berniat untuk membuat berbagai camilan dengan cara dikukus maka simaklah informasi ini. Berikut 20 resep camilan kukus yang sehat, enak dan mudah dibuat.

1. Crumble Cheese

1. Crumble chees 1

Bahan :

  • 75 gr Tepung terigu
  • 60 gr gula pasir
  • 75 gr keju chedder ( parut )
  • 35 gr bubuk fibercreme
  • 40 gr Mentega

Langkah Membuat :

  1. Sangrai tepung terigu, dng api kecil, kurleb 3 menit , jng lupa sambil di aduk2 trs, matikan api lalu angkat, biarkan sdkt dingin
  2. Masukkan gula pasir, bubuk fibercreme, aduk rata, lalu tambahkan keju parut, aduk kembali
  3. Terakhir tambahkan mentega, aduk memggunakan tangan, yg sdh bersih, sambil di remas2, agar tekturnya bergrindil2
  4. Crumble cheese siap digunakan

2. Kue dadar gulung

2. Kue dadar gulung 1

Bahan kulit:

  • 200 gr terigu
  • 50 gr tapioka
  • 600 ml sari pandan suji
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm mentega, lelehkan

Bahan isian:

  • 200 gr gula merah
  • 400 ml air
  • 1 bh kelapa parut setengah tua
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan, simpulkan
  • 50 gr gula pasir (sesuai selera)
  • 2 sdt mentega

Cara Membuat:

  1. Siapkan isian: gula merah n air dimasak sampai gula larut, saring. Masak air gula bersama kelapa parut, garam, daun pandan, sambil diaduk2 sampai air menyusut. Test rasa, tambahkan gula pasir n mentega. Angkat, sisihkan.
  2. Campur semua bahan kulit, aduk rata dngn whisk. Saring n tuang ke piring adonan Crepe Kompor Signora.
  3. Panaskan Crepe Kompor Signora lalu celupkan ke dlm adonan. Panggang dngn api kecil sedang sampe matang. Balik utk melepaskannya. Lakukan sampe adonan habis.
  4. Beri isian, lalu lipat seperti amplop dan digulung.

3. Pukis

3. Pukis 1

Bahan-bahan :

  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 50 ml air hangat
  • 2 butir telur
  • 60 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 120 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 ml susu cair
  • 1 sendok makan margarin, dilelehkan

Toping :

  • Keju

Cara membuat:

  1. Aduk rata ragi instan, gula pasir, dan air hangat. Diamkan 15 menit.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan garam sampai mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata , lalu tambahkan larutan ragi instan , aduk rata. Kemudian masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Diamkan 30 menit.
  4. Masukkan margarin leleh. Aduk rata.
  5. Panaskan cetakan pukis , Tuang adonan , tabur toping , tutup dan biarkan sampai matang.

4. Kue Mangkok

4. Kue mangkok 1

Bahan :

  • 350 gr tepung beras
  • 400 ml air kelapa atau boleh pakai air biasa
  • 50 gr FiberCreme, larutkan di 200 ml air hangat (aduk rata dan dinginkan)
  • 200 g gula pasir
  • 1 bungkus ragi instan
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanila
  • 1 sdt pewarna merah muda
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat :

  1. Campur tepung beras, FiberCreme dan ragi, aduk rata dan sisihkan
  2. Didihkan air kelapa dan gula, masak hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring, ikut hingga tepat 400 ml. Dinginkan
  3. Tuang air rebusan gula ke dalam tepung beras, tambahkan vanili, pewarna merah dan larutan fibercreme. Keplok-keplok hingga adonan terasa ringan.
  4. Diamkan adonan selama 1 jam. Tambahkan baking powder dan garam, aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan kue mangkok yang telah dipanaskan selama 5 menit. Kukus adonan dengan api besar selama 25 menit atau hingga kue matang. angkat, dinginkan.
  6. Keluarkan kue dari cetakan.

5. Basic (coffee) milk bread dough

5. Basic coffee 1

Bahan :

  • 130gr terigu protein tinggi
  • 5gr susu bubuk
  • 20gr gula pasir
  • 1/4sdt garam
  • 89gr susu cair (dingin)
  • 3gr kopi instan
  • 2gr ragi
  • 15gr unsalted butter

Filling:

  • salted butter block
  • gula halus

Cara membuat :

  1. Campur terigu, susu bubuk, gula, garam dan susu cair hingga setengah kalis, lalu masukkan ragi, lanjutkan ulen baru terakhir masukkan butter, ulen hingga kalis elastis, lakukan windowpane test
  2. Diamkan adonan 45min-1jam, kempiskan bagi adonan menjadi 6, bulatkan
  3. Istirahatkan 10menit, pipihkan beri isian bungkus kembali, tata kedalam tray. fermentasikan sampai double size
  4. Panaskan oven 175-190°C/suhu tinggi sesuai dgn oven masing2x

6. Mexicn buns topping

10. Cake coklat tanpa telur 1

Bahan :

  • 55 gr unsalted butter
  • 60 gr gula halus
  • 60 gr tepung protein rendah
  • 10 ml air panas
  • 5gr kopi instan
  • 50gr/1butir telur
  • 1sdt essence kopi (aku skip)

Cara membuat :

  1. Campur kopi instan dan air panas, sisihkan
  2. Mixer butter dan gula halus sampai fluffy. Masukkan telur mixer lg, masukkan tepung terigu dan cairan kopi. Mixer sampai rata. Masukkan piping bag. Siap digunakan
  3. Beri topping pada adonan yg sudah mengembang (swipe di foto selanjutnya)
  4. Bake selama 10-15menit, turunkan suhu sedikit, bake lagi selama 5-10menitan utk topping benar2x kering dan krispi.

7. Kue talam ubi

7. Kue talam ubi 1

Bahan :

  • Lapisan ubi
  • 270 gr ubi orange, kukus & haluskan
  • 250 ml santan
  • 100 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung beras
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 lbr daun pandan

Lapisan putih :

  • 200 ml santan
  • 50 gr tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Cara :

  1. Masak santan beserta daun pandan hingga mendidih sambil diaduk2. Dinginkan
  2. Campur semua bahan lapisan ubi, aduk rata. Kalau kurang halus bs di blender/disaring
  3. Sisipkan cetakkan kue talam, oles minyak. Tuang adonan ubi 1/2 cetakkan. Kukus selama 15 menit
  4. Tuang adonan putih diatas adonan ubi sampai penuh, kukus kembali 15 menit
  5. Angkat lalu stlh dingin keluarkan dr cetakkan

8. Sponge cake putih telur

8. Sponge cake putih telur6 1

Bahan :

  • 370 gr putih telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1/2 sdm emulsifer
  • 20 gr susu bubuk
  • 110 gr tepung terigu protein rendah
  • 110 gr mentega cair
  • 1 sdt essens vanilla

Cara membuat :

  1. Mixer putih telur, gula pasir dan emulsifer sampai ngembang kaku.
  2. Masukkan susu bubuk dan tepung terigu. Mixer dgn speed rendah hingga rata.
  3. Tuang mentega cair dan essens vanilla, aduk rata dgn spatula.
  4. Bagi adonan jadi 3. Beri masing2 pasta.
  5. Tuang dlm loyang diameter 18cm secara bergantian dr ketiga warna.
  6. Oven dgn suhu 160°C selama 30 menit api atas bawah atau hingga matang.
  7. Sponge cake siang di sajikan. Potong2 setelah suhu ruang.

9. Coffe Banana Muffin

9. Coffee banana muffin 1

Bahan :

  • 4 buah pisang ambon, lumatkan dengan garpu
  • 120 ml minyak sayur
  • 2 butir telur
  • 180 gr tepung segitiga biru
  • 2 sdt baking powder/ Saya: 1 sdt BPDA
  • 100 gr gula palm
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 1 sachet kopi bubuk /saya: luwak white coffee
  • Topping :
  • Chocochips dan kacang tanah cincang

Cara Membuat :

  1. Campur minyak dan telur menggunakan whisk, aduk rata lalu masukkan pisangnya, aduk rata
  2. Ayak tepung, baking powder dan cokelat bubuk, lalu masukkan gula palm dan kopi sachet, buat lubang tengah kemudian tuang bahan cair, aduk dengan spatula, aduk asal rata saja jangan overmix nanti bisa bantet
  3. Tuang ke cup muffin, jangan terlalu penuh, beri topping sesuai selera
  4. Panggang dengan suhu 180 selama 25-30 menit (oven sudah dipanaskan terlebih dahulu.

10. Cake coklat tanpa mixer

20. Cake chocolate brownis 2

Bahan A :

  • Mentega 100 gr
  • Minyak 100 ml
  • Susu cair 200 ml
  • Gula pasir 200 gr

Bahan B :

  • Telur 2 btr.. Kocok pakai garpu sampai sedikit berbusa

Bahan C :

  • Campur dan ayak
  • Tepung terigu 100 gr
  • Coklat bubuk 50 gr
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Soda kue 1/2 sdt
  • Garam sedikit saja
  • Vanili 1 sdt

Caranya :

  1. Campur bahan A.. Masak sambil di aduk2 CUKUP sampai gula larut, matikan api
  2. Tunggu sampai dingin, masukan bahan B aduk rata lalu masukan bahan C aduk rata..
  3. Oles loyang dengan mentega,alasi dengan kertas roti, tuang adonan lalu kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dan tutup panci di ikat dengan serbet.. Kukus selama 45 menit pakai api sedang
  4. Setelah matang dan dingin, potong cake mendatar menjadi 4 bagian, oles tiap bagian dengan buttercream, lalu tumpuk
  5. Hias sesuai selera

11. Blackforestroll cake

11. Blackforest 1

Bahan :

  • 6 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 60 gr gula
  • 1 sdm air
  • 1/2 sdt vanilli
  • 1/2 sdm SP
  • 80 gr terigu
  • 40 gr coklat bubuk
  • 2 sdm susu bubuk coklat
  • 1 sdm pasta blackforest
  • 80 gr mentega dicairkan

untuk olesan :

  • Selai blueberry
  • Buttercream

Cara membuat :

  1. Campur telur,vanilli,gula,air,SP…mixer sampai kental berjejak
  2. Masukkan pasta
  3. Tambahkan (terigu,susu bubuk,coklat bubuk…ayak dulu)
  4. Masukkan mentega cair,mixer sebentar…aduk balik…oven
  5. Setelah matang,dinginkan,tambahkan dgn selai bluberry n buttercream ,gulung,simpan dikulkas 5 menit…oles bagian luar dgn buttercream,tambahkan coklat potong.

12. Simple Stemed Chocolate Cake

6. Mesic bunt topping 1

Bahan :

  • 100 gram tepung terigu (kunci biru)
  • 150 gram gula halus
  • 180 gram margarine (saya pakai royal palmia butter margarine)
  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • 200 ml susu cair
  • 50 gram coklat bubuk
  • ½ sdt baking soda
  • ½ sdt baking powder
  • vanili secukupnya

Cara membuat :

  1. Siapkan panci, masukkan susu cair, gula halus dan juga margarine
  2. Aduk menggunakan whisk. Nyalakan api sampai margarine mencair, jangan sampai mendidih. Angkat dan sisihkan
  3. Sambil menunggu cairan margarine agak dingin ± 5 menit
  4. Siapkan wadah. Ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking soda, baking powder dan juga vanili, sisihkan
  5. Kocok lepas telur dan masukkan dalam cairan margarine tadi, aduk agak lama menggunakan whisk (sampai telur tercampur rata)
  6. Tuang cairan margarine tadi kedalam ayakan tepung, sambil diaduk menggunkan whisk. Aduk sampai semua tercampur rata
  7. Siapkan loyang (saya 16×16 cm) yg sudah dialasi kertas roti+diolesi margarine dan diberi coklat bubuk tipis (karena adonan berwarna coklat, yg biasa nya memakai tepung terigu, saya ganti menggunakan coklat bubuk agar cake rata berwarna coklat)
  8. Kukus selama 30 menit (sampai matang)

13. Cake Coklat Lapis Keju

13. Cake coklat lapis keju 1

Bahan Lapisan Coklat :

  •  110 gr tepung terigu segitiga
  •  3 sdm coklat bubuk
  • 200 ml susu cair
  • 75 ml minyak sayur
  • 100 gr gula halus, bisa di tambah jika suka manis
  •  2 butir telur
  •  1/2 sdt vanilla
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam

Bahan Lapisan Keju :

  • 200 ml susu cair
  •  180 gr keju parut
  • 60 gr gula halus
  •  1 butir telur
  •  2 sdm tepung terigu

Cara Membuat :

  1. Panaskan kukusan menggunakan api sedang, olesi loyang 20×20 cm dengan margarin dan taburi tepung, sisihkan.

Lapisan Coklat :

  1. Ayak jadi satu tepung, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula halus sampai berbusa dengan wish, masukkan susu cair, garam, vanila dan minyak aduk rata, tambahkan campuran tepung dan coklat sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai halus dan rata. Bagi adonan jadi 2 bagian yang sama

Lapisan Keju :

  1. Masak susu cair dan keju parut sambil di aduk-aduk sampai keju leleh dan mengental, angkat dinginkan.
  2. Masukkan telur dan gula halus aduk rata pakai whisk, terakhir tambahkan tepung terigu aduk sampai halus tidak bergerindil.
  3. Tuang sebagian adonan coklat di loyang, kukus selama 15 menit ( jangan lupa alasi tutup dengan lap bersih ).
  4. Berikutnya tuang adonan keju, kukus kembali selama 15 menit, terakhir tuang sisa adonan coklat kukus kembali selama 30 menit, tes tusuk, angkat, dinginkan dan potong sesuai selera

14. Donat kentang

15. Donat montok 1

Bahan:

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 25 gr susu bubuk
  • 5 gr ragi instant
  • 100 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
  • 50 gr gula pasir
  • 37,5 gr mentega (me,40gr)
  • 1/4 sdt garam
  • 2 btr kuning telur
  • 50 ml air dingin (me,65ml)

Cara membuat :

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit. (saya profing hingga mengembang 2 kali lipat,trus kempiskan/buang gasnya)
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

15. Donat montok

16. Donat Fluppy 1

Bahan:

  •  350 gr tepung Cakra
  •  150 gr tepung segitiga
  •  15 gr susu bubuk fullcream
  •  90 gr gula pasir
  • 1 bks ragi instan
  • 1 telur utuh
  • 2 kuning telur
  •  220gr susu UHT dingin banget
  • 100gr butter wijsman

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali butter, setelah adonan setengah Kalis masukkan butter. Aduk Sampek Kalis dan lentur. Proffing kurang lebih satu jam. Kempiskan adonan, lalu timbang 35gr. Diamkan kurang lebih 10 menit, lalu goreng.
  2. Terus kasih topping dech sesuai selera.
  3. Buat yang gak punya mixer heavy duty, ttp bisa nyoba kok. Aduknya manual pake tangan, nah pas udah bener2 kecampur rata, baru pake bantuan hand mixer buat mengkaliskan adonan. Biar gak capek2 amat lah.

16. Donut Fluffy

14. Donat kentang 1

bahan-bahan :

  • 350 gr tepung cakra
  • 150 gr tepung segitiga
  • 15 gr susu bubuk
  • 1 bks ragi instan/fermipan (11gr)
  • 90 gr gula pasir
  • 1 btr telur utuh
  • 2 btr kuning telur
  • 220 ml susu uht dingin
  • 100 gr butter (saya pakai margarin butter)
  • tambahan : toping suka2

cara membuat :

  1. Dalam wadah campurkan bahan kering, masukkan telur dan susu lalu ulen hingga kalis, masukkan butter/margarin ulen lagi hingga kalis elastis. diamkan adonan tutup dengan kain biarkan mengembang sekitar 60 menit.
  2. Setelah mengembang kempiskan adonan, bagi adonan 30-40gr, bulatkan. biarkan mengembang lagi sekitar 30 menit.
  3. Panaskan minyak yg banyak, goreng donat, biarkan satu sisi kuning kecoklatan baru dibalik biarkan lagi hingga sisi lain kuning kecoklatan dan matang, angkat dan dinginkan.
  4. Beri toping dan sajikan

17. Donat Coklat Kacang

17. Donat coklat kacang 1

Bahan2:

  • 15 gr coklat bubuk
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 50 gr kacang tanah sangrai, haluskan
  • 50 gr gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 1/2 bks ragi instan
  • 200 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 25 gr margarin
  • Topping : DCC yg dilelehkan, mesis, almond

Caramembuat :

  1. Ayak tepung dan coklat bubuk. Masukkan gula pasir, telur, ragi instan, dan air. Uleni sampai kalis.
  2. Tambahkan garam, kacang tanah halus, dan margarin. Uleni lg hingga elastis. Tutup dng serbet dan Diamkan adonan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan lalu timbang 30 gr. Bulatkan lalu lubangi tengahnya. Diamkan 15 menit.
  4. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai matang. Angkat.
  5. Setelah donat dingin hias dengan DCC yg sudah dilelehkan dan mesis atau toping sesuai selera. Sajikan.

18. Lapis Legit Gulung

18. Lapis legit gulung 1

Bahan A :

  • 10 butir kuning telur
  • 100 gram gula halus
  • 1/4 sdt vanil

Bahan B :

  • 85 Gram Anchor
  • 60 gram blueband ( aku pake Cake & cookie )
  • 2 sdm susu kental manis putih

Bahan C :

  • 30 gram terigu kunci biru
  • 1/2 sdm maizena
  • 1 sdm susu bubuk full cream

Caranya :

  1. Mixer bahan B sampai ringan dan putih sekitar 10 mnt. Sisihkan.
  2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi sekitar 15 mnt sampai adonan mengembang dan kental.
  3. Masukkan terigu dan susu bubuk berselang seling dengan adonan B ke adonan A. Boleh dengan bantuan spatula. Atau dengan mixer tp dengan kecepatan terendah aja.
  4. Siapkan loyang ukuran 24×24 atau 26x26cm yg sdh dialasi kertas minyak dan olesi sedikit mentega dan taburan terigu tipis.
  5. Tuang adonan…
  6. Dengan resep diatas bisa utk 2 loyang .
  7. Ratakan adonan.
  8. Panggang … Panaskan oven selalu sblm dipakai ya.
  9. Utk oven listrik aku hanya kisaran 15 mnt panasinnya.
  10. Utk oven gas kisaran 10mnt.
  11. Utk oven listrik gunakan api atas bawah kisaran 180deajat.
  12. Utk oven gas …panaskan api bawah 150 derajat. Sekitar 5mnt…matikan…masukkan loyang …nyalakan api atas..suhu 120 derajat aja.
  13. Matang…keluarkan dr loyang. Oles rata dengan selai nanas.
  14. Biarkan kue dalam gulungan beberapa saat. Aku inapkan biasanya karena bikin selalu sempatnya malam. Esok paginya tinggal buka dari gulungan siap dipotong2 deh.

19. Chewy Brownies

19. Chewy brownies 1

BAHAN :

  • 150 gram dark chocolate
  • 50 gram mentega (saya.. blueband cake and cookie)
  • 40 ml minyak goreng
  • 2 butir telur
  • 150 gram gula halus/gula pasir yg diblender
  • 100 gram tepung terigu
  • 35 gram coklat bubuk
  • Topping sesuai selera .

CARA MEMBUAT :

  1. Potong2 dark chocolate kemudian lelehkan dengan mentega dan minyak dengan cara di tim
  2. Kocok gula dan telur dng whisk hingga larut (saya mixer sebentar kecepatan rendah, sampai gula benar2 larut, tapi telur tdk sampai mengembang)
  3. Masukkan lelehan coklat, aduk rata dengan whisk/spatula
  4. Masukkan terigu dan coklat bubuk aduk kembali hingga rata, adonan kental dan berat
  5. Tuang adonan ke dalam loyang 20 cm (saya.. ukuran 20×10 cm) yg sudah dialasi baking paper
  6. Beri topping sesuai selera
  7. Panggang di oven yg sudah dipanaskan terlebih dahulu, dengan suhu 150°C di rak tengah sampai matang/tes tusuk (saya.. api bawah 20 menit, lanjut api atas bawah 15-20 menit)/disesuaikan dan kenali oven masing2..

20. Cake Coklat lapis keju

13. Cake coklat lapis keju 2

Bahan A :

  • Mentega 100 gr
  • Minyak 100 ml
  • Susu cair 200 ml
  • Gula pasir 200 gr

Bahan B :

  • Telur 2 btr.. Kocok pakai garpu sampai sedikit berbusa
  • Bahan C : Campur dan ayak
  • Tepung terigu 100 gr
  • Coklat bubuk 50 gr
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Soda kue 1/2 sdt
  • Garam sedikit saja
  • Vanili 1 sdt

Caranya :

  1. Campur bahan A.. Masak sambil di aduk2 CUKUP sampai gula larut, matikan api
  2. tunggu sampai dingin, masukan bahan B aduk rata lalu masukan bahan C aduk rata..
  3. Oles loyang dengan mentega,alasi dengan kertas roti, tuang adonan lalu kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dan tutup panci di ikat dengan serbet..
  4. Kukus selama 30-45 menit pakai api sedang
  5. Setelah matang dan dingin, potong cake mendatar menjadi 4 bagian, oles tiap bagian dengan buttercream, lalu tumpuk
  6. Hias sesuai selera

Loading…

0

Pendapat Anda?